Batan Sebut Paparan Radiasi Radioaktif di Tangsel Tinggal 10 Persen

Batan Sebut Paparan Radiasi Radioaktif di Tangsel Tinggal 10 Persen
Radioaktif di Batan Indah. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki
PERISTIWA | 18 Februari 2020 15:55 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Badan Tenaga Nuklir (Batan) menyebut paparan radiasi di lahan kosong Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan tinggal 10 persen. Temuan awal Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menyebutkan paparan radiasi mencapai 200 microsivert.

"Sudah 90 persen, tinggal kira-kira 10 persen lagi," ucap Kepala Hukum Humas dan Kerjasama Batan Heru Umbara di Perumahan Batan Indah, Selasa (18/2).

Saat mapping terakhir pada selasa (18/2) siang tadi, paparan radiasi mencapai 7 microsievert. Siang tadi, ada dua tim yang melakukan pengerukan tanah terpapar radiasi nuklir.

Dua tim itu berhasil mengangkat 57 drum bermuatan tanah untuk dibawa ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) di Batan, Puspiptek.

"Kami sudah mengumpulkan total 172 drum, dengan posisi terakhir siang ini ditambah 57 drum. Kelompok pertama tadi 31 drum, dan kelompok ke dua 26 drum. Alhamdulillah sudah dikirimkan ke PLTR untuk diproses lebih lanjut," kata dia.

Dengan hasil ini, dia berharap proses pembersihan yang dilakukan bisa lebih cepat diselesaikan sebelum 20 hari. "Mudah-mudahan seperti harapan kita semua," ucap dia.

Baca Selanjutnya: Limbah senyawa Radioaktif atau Peluruhan...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami