Bawa Rp 25 juta, pengemis ini mengaku untuk bayar setoran haji

Bawa Rp 25 juta, pengemis ini mengaku untuk bayar setoran haji
Pengemis bawa uang Rp 25 juta. ©2013 Merdeka.com/Rahma
PERISTIWA | 27 November 2013 14:29 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Dua orang pengemis kedapatan membawa uang sebesar Rp 25 juta hasil mengemis di kawasan Pancoran. Kedua pengemis tajir tersebut bernama Walang bin Kilon (54) dan Sa'aran (60).

Kepala Seksi Rehabilitasi Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda, menjelaskan, keduanya mengemis di Ibukota lantaran tidak memiliki pekerjaan tetap di desanya yang terletak di Subang, Jawa Barat, dan uang hasilnya mengemis akan digunakan untuk berangkat ibadah haji.

"Mereka sudah daftar haji sama Pak Haji Nanang di kampung. Kemarin 15 hari lalu baru ke Jakarta lagi, jadi uang itu ya untuk tambahan setor haji," ungkapnya.

Di Jakarta, lanjut Miftahul, keduanya tidak memiliki tempat tinggal dan hanya hidup nomaden dari satu tempat ke tempat lain. "Tidak ada kontrakan, ya tidur di jalan atau pinggir toko. Kalau uang sudah banyak kita pulang kampung dulu," papar Miftahul.

Saat beroperasi, jelas Miftahul, keduanya pun berbagi peran. "Walang yang menjadi otak dari kegiatan mengemis tersebut, bertindak sebagai pendorong gerobak. Sementara Sa'aran yang lebih tua, berpura-pura sebagai orang sakit yang berada di gerobak dan butuh pengobatan," papar Miftahul lagi.

Petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan tetap akan mengirim mereka ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya (PSBIBD) 2 Jl Raya Bina Marga No 48, Cipayung, Jakarta Timur, untuk dilakukan pembinaan.

"Untuk uangnya nanti akan dikembalikan setelah mereka selesai menjalani pembinaan," pungkas Miftahul. (mdk/tts)

Baca juga:

Bagaimana pengemis ini kumpulkan Rp 25 juta dari kolong Pancoran

Beroperasi di kolong Pancoran, pengemis ini kumpulkan Rp 25 juta

Beraksi di Pancoran, pengemis ini kedapatan bawa uang Rp 25 juta

Beri uang pengemis akan kena denda Rp 50 juta

5 Cerita pengemis berpendapatan jutaan rupiah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami