Bawa Sabu 4,1 Kg, 3 Penumpang Bus Antarprovinsi di Surabaya Diamankan BNN

Bawa Sabu 4,1 Kg, 3 Penumpang Bus Antarprovinsi di Surabaya Diamankan BNN
3 Penumpang bus antarprovinsi bawa sabu. ©2019 Merdeka.com
NEWS | 27 Oktober 2019 03:33 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur menyita 4,1 kilogram sabu-sabu dari tiga penumpang bus antarprovinsi yang dihentikan di jalan tol kilometer 741, Tol Warugunung Surabaya.

"Kami menghentikan bus, lalu menangkap tiga penumpang yang diduga sebagai kurir atau pengedar sabu-sabu," ujar Penyidik Madya BNNP Jatim AKBP Wisnu Chandra kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Penyergapan dilakukan pada Jumat (25/10) sekitar pukul 03.28 WIB. Petugas mengamankan tiga penumpang berinisial SH (45), Saf (37) dan AH (21) asal Bangkalan beserta barang bukti.

"Sabu-sabu itu kami sita setelah memeriksa satu per satu penumpang bus dan barang bawaannya. Bus antarprovinsi itu berangkat dari Tanjung Pinang, Bangka Belitung, sejak Selasa," ucapnya.

Pihaknya terpaksa menghentikan bus antarprovinsi tersebut, kemudian melakukan penggeledahan terhadap para penumpang setelah mendapat informasi pengiriman paket sabu-sabu.

"Kami menyisir barang bawaan penumpang bus dengan bantuan K-9 milik BNNP Jatim," kata perwira menengah tersebut.

Saat penyisiran, kata dia, K-9 terus mengendus satu kardus yang diduga berisi narkoba yang kemudian dibongkar dengan disaksikan sopir bus.

Dari kardus tersebut ditemukan empat paket berisi sabu-sabu yang masing-masing seberat 1.042 gram, 1.050 gram, 1.042 gram, dan 1.044 gram sehingga total beratnya 4,178 kilogram.

"Sabu-sabu itu kami temukan dalam kemasan teh China warna hijau keemasan. Identifikasinya dikirim dari Malaysia menuju Tanjung Balai Karimun, lalu ke Tanjung Pinang dengan tujuan Bangkalan, Madura," ungkap Wisnu.

Sementara itu, BNNP Jatim juga menyita kardus pembungkus paket sabu-sabu, dua bungkus kopi bubuk, satu unit bus bernopol N-7137-D, lima ponsel, serta empat buah kartu ATM sebagai barang bukti.

"Kami tidak berhenti sampai di sini dan terus melakukan pengembangan terhadap kasus ini," tuturnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Berdalih Menyambung Hidup, Ibu Muda di Lumajang Nekat jadi Bandar Sabu
Sipir Lapas Madiun Kedapatan Simpan 690 Gram Sabu di Rumahnya
Kunjungi Lapas, Seorang Pria di Langkat Sembunyikan Sabu Dalam Bakso
Edarkan Sabu, Mantan Pemeran Sinetron Madun Ditangkap
Dalam Dua Pekan, 45 Orang di Yogyakarta Diamankan Karena Kasus Narkoba

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami