Bawaslu Selidiki Foto Warga Beratribut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Siak Pamer Uang

Bawaslu Selidiki Foto Warga Beratribut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Siak Pamer Uang
PERISTIWA » MAKASSAR | 4 Desember 2020 23:43 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak, Riau, sedang mencari dua orang pria yang memamerkan duit saat berfoto sambil menggunakan atribut pasangan calon Bupati Wakil Bupati Siak.

Foto yang viral itu tampak tumpukan uang pecahan Rp 50 dan Rp 100 ribu di atas meja beralaskan atribut Calon Bupati Siak nomor urut 01, Sayed Abubakar A Assegaf atau SAA. Tampak juga baju warna hitam bertuliskan 'Siak Rumah Kita'.

"Dalam waktu dekat ini, Panwascam Bungaraya akan memanggil kedua orang di dalam foto itu," kata Ketua Bawaslu Siak, M Royani, Jumat (4/12).

Dalam foto itu juga terlihat dua orang memegang bungkusan yang diduga berisikan jilbab warna pink. Bungkusan itu terlihat ada foto calon Bupati dan Wakil Bupati Siak, Sayed-Reni dan dua logo partai pendukung mereka, Demokrat dan PKS.

Dua orang itu diduga merupakan warga Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak.
Menurut Royani, perbuatan kedua pria itu terindikasi pelanggaran Pilkada. Dia akan memproses keduanya jika benar-benar terbukti bersalah.

"Jika alasannya hanya main-main, tetap diperiksa dan diproses. Sebab ada tadi yang telepon saya, bahwa itu hanya sekedar main-main. Walau main-main tetap diproses. Sebab kita tidak pakai cara main-main. Semua ada prosedurnya. Jika ada indikasi pelanggaran Pilkada, akan diproses," tegas Royani.

Bawaslu Siak sedang menelusuri peran kedua orang di dalam foto tersebut terhadap Paslon nomor 01, Sayed-Reni.

"Terlebih dahulu kita telusuri dulu, siapa mereka, apakah mereka timses atau bagaimana. Tapi perlu saya sampaikan, bahwa yang memeriksa mereka nanti Panwascam Bungaraya ya," jelasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Ganjar Siap Gelar Pemungutan Suara Pilkada 2020 di Tengah Lonjakan Covid-19
Komisi II akan RDP dengan Kemendagri-Bawaslu-KPU Pastikan Kesiapan Pilkada
PAN: Kasus Covid-19 Lebih Tinggi di Daerah Tidak Melaksanakan Pilkada
KPU Tak Paksa Pasien Covid-19 Kritis Gunakan Hak Pilih di Pilkada
Debat Ketiga Pilwali Makassar, Paslon 04 Singgung Perlindungan Pekerja Perempuan
Tokoh Lintas Agama di Sumut Doakan Pilkada Damai Bebas Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami