Bayi Asal Madina yang Lahir Kondisi Mengenaskan Meninggal Dunia

PERISTIWA » MALANG | 19 November 2019 18:44 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Bayi yang lahir dengan otak di luar tempurung kepalanya di Mandailing Natal (Madina), Sumut, tidak dapat bertahan lama. Bayi malang itu meninggal dunia beberapa jam setelah dilahirkan.

"Sudah meninggal. Meninggal sore itu juga (Senin, 18/11) sekitar pukul 19.35 Wib," kata Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution saat dihubungi wartawan, Selasa (19/11).

Bayi perempuan dengan kondisi mengenaskan di bagian kepala lahir di Desa Aek Garingging, Kecamatan Lingga Bayu, Mandailing Natal (Madina), Sumut.

Bayi lahir dengan berat badan 3.200 gram dan panjang 50 Cm. Hanya, bagian otaknya mengalami kondisi tak biasa.

Bayi sempat dirujuk ke RSUD Panyabungan dan ditangani dokter spesialis anak dan dokter bedah. Namun dia tak mampu bertahan lalu meninggal dunia.

Meski orangtuanya berprofesi sebagai pelukis dan tukang tambal ban, kelainan pada bayi ini ditengarai terkait dengan kontaminasi merkuri di Madina. Dugaan ini karena banyaknya aktivitas pertambangan emas di sana.

Dalam kurun 2 tahun terakhir tercatat 6 bayi dengan kelainan lahir di Madina. Selain otak di luar kepala, cacat bawaan yang muncul di daerah ini yakni usus di luar hingga bayi bermata satu.

Kawasan tempat tinggal orangtua bayi-bayi itu memang berada sekitar area pertambangan emas yang menggunakan merkuri dalam proses pemisahan bijih emas. Bahkan 3 di antara 6 ibu bayi-bayi malang itu memang bekerja langsung di pertambangan.

Dahlan meyakini zat merkuri yang digunakan di tambang-tambang itu telah mengontaminasi wilayah sekitar.

"Sangat erat kaitannya. Cobalah bayangkan, selama ratusan tahun Madina ini ada, kan tidak ada lahir seperti itu. Kemudian (bayi) yang lahir pertama itu, saya tanya langsung pada ibunya kerjaannya begitu (di pertambangan). Tentu tidak bisa kita dipisahkan," ucap Dahlan. (mdk/lia)

Baca juga:
Bayi Asal Madina Lahir dengan Kondisi Otak di Luar Tempurung Kepala
Ibu di Palembang Masukkan Bayi Baru Lahir ke Mesin Cuci hingga Tewas
Kisah Tragis Bayi Baru Dilahirkan dan Meninggal di Dalam Kardus
Bayi Parasit Asal Buleleng Bali Meninggal Dunia
Cerita Keluarga dan Orang Tua Bayi Parasit Twen di Buleleng
Empat Bayi Lahir Tepat 17 Agustus di Medan, Dua Normal dan Dua Caesar
Sempat Dirawat, Bayi Usus Keluar Akhirnya Meninggal Dunia

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.