Bayi Kembar Dempet Dada dan Perut asal Kendari Jalani Perawatan di Surabaya

PERISTIWA | 2 Agustus 2019 07:33 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Bayi kembar siam asal Kendari Sulawesi Tenggara, Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina akhirnya tiba di RSUD Dokter Soetomo Surabaya, Kamis (1/7) malam. Setibanya di Bandara Udara Juanda Surabaya, mereka langsung menuju RSUD Dokter Soetomo menggunakan mobil ambulans dan mendapatkan perawatan.

Sejumlah tim dokter baik dari RSUD Dokter Soetomo Surabaya maupun Rumah Sakit Kota Kendari, ikut menemani kembar siam dempet dada dan perut menuju ruang perawatan.

Tim dokter juga berencana, segera menggelar rapat untuk menentukan langkah selanjutnya dalam penanganan kembar siam Akila dan Azila.

"Kita tidak mau kehilangan waktu. Jadi besok pagi sudah kita periksa lab dan rapat untuk menentukan langkah selanjutnya. Saat ini biar istirahat dulu," ujar dokter anak, Poerwadi.

Sementara itu tim dokter Rumah Sakit Kota Kendari merasa lega dan bersyukur, setelah tim dokter RSUD dr Soetomo surabaya bersedia membantu proses operasi kembar siam Akila dan Azila.

"Alhamdulillah, kembar siam tertangani dengan baik. Kondisinya pun juga ikut baik, apalagi tim dokter telah meyakinan apabila bayi ini dapat dipisah karena jantungnya ada dua," terang dokter anak RS Kota Kendari, Yenni.

Sementara itu, dari diagnosa awal tim dokter, kembar siam berusia 1 tahun 2 bulan ini mengalami dempet dada hingga perut. Meski demikian, jantung kedua bayi terpisah termasuk sejumlah organ tubuh lainnya hanya hati atau lever terdiagnosa satu.

Baca juga:
Bayi Kembar Dempet Perut Adam-Malik Berhasil Dipisahkan
Rumah Sakit Tanggung Biaya Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Adam-Malik
Tim Dokter Optimistis Pemisahan Bayi Kembar Siam Adam Malik Sukses
Bayi Kembar Siam Dempet Perut, Adam dan Malik akan Dipisahkan 23 Juli
Hasil Pemeriksaan Medis, Bayi Kembar Siam di Bali Punya Organ Sendiri-Sendiri
Penjelasan Dokter Terkait Bayi Kembar Siam Dempet di Bali

(mdk/fik)