Bayi Kembar Siam Dempet Perut Lahir di RSUP H Adam Malik Medan

PERISTIWA | 10 Desember 2019 15:56 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Bayi kembar siam dempet perut lahir di RSUP H Adam Malik Medan. Kedua bayi berjenis kelamin laki-laki itu masih dalam perawatan intensif.

Berdasarkan informasi dihimpun, bayi kembar siam itu merupakan anak pertama dan kedua dari pasangan NR (25) dan S (32). Mereka warga Labuhan Batu, Sumut.

NR melahirkan bayi kembar siam itu melalui operasi caesar. "Bayi lahir di RSUP H Adam Malik tanggal 9 (Senin, 9/12) sekitar pukul 10.15 WIB," ucap Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak, Selasa (10/12).

Kondisi kedua bayi masih lemah. Berat badan mereka rendah, hanya 2.640 gram dan panjang 39 cm. "Kondisinya lemah, dirawat di ruang khusus bayi baru lahir," jelas Rosario.

Dokter bedah anak sudah melihat kondisi kedua bayi. Kesimpulan awalnya tidak ada indikasi pemisahan emergensi. Karena itu, perlakuan terhadap bayi kembar siam ini sama seperti kembar siam dempet perut sebelumnya. Mereka akan dirawat di RSUP H Adam Malik sampai diputuskan pulang pascaoperasi pemisahan.

Organ dalam bayi juga tengah diperiksa. Tim dokter ingin memastikan ada tidaknya organ yang menempel.

Jika semuanya normal, operasi pemisahan bayi akan dilaksanakan saat usia bayi dinilai mencukupi. "Perkiraan dokter (operasi pemisahan) pada usia 9 bulan," jelas Rosario.

Sementara NR, ibu bayi kembar siam, juga masih dalam perawatan di RSUP H Adam Malik. Dia dalam masa pemulihan pascaoperasi caesar.

Soal biaya, Rosario memastikan NR merupakan peserta BPJS. Namun berdasarkan pengalaman pemisahan bayi kembar dempet perut sebelumnya, Adam dan Malik, hanya sebagian biaya ditanggung BPJS, karena nominalnya melebihi nilai yang ditanggung. Sebagian biaya lainnya diambil alih RSUP H Adam Malik.

"Kalau ini nanti kita lihat perkembangannya. Bisa saja ada bantuan dari Pemkab-nya," jelas Rosario. (mdk/cob)

Baca juga:
Bayi Kembar Siam Asal Buleleng Bali Tak Bisa Dioperasi Pemisahan, Ini Penjelasannya
Pemisahan Bayi Kembar Siam di Bali Tunggu Tim RSUD Soetomo Surabaya
Ayah Bayi Kembar Siam di Bali Berjualan Canang Sari untuk Penuhi Kebutuhan Hidup
Sempat Stabil Usai Operasi Kembar Siam, Bayi Aysha Embus Napas Terakhir di RSMH
Bayi Kembar Siam di Buleleng Lahir dengan Tangan dan Kaki 4
Jalani Operasi 7 Jam, 1 Bayi Kembar Siam Asal Palembang Meninggal Dunia

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.