Bayi Malang Ditelantarkan di Bak Mobil dalam Kondisi Kelaparan

PERISTIWA » MAKASSAR | 17 Oktober 2019 21:32 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Warga Jalan Mayor Zen, Lorong Tanah Abang, Kelurahan Sei Selayur, Kalidoni, Palembang, geger dengan penemuan bayi perempuan di bak mobil pick up. Polisi masih menyelidiki kasus ini untuk mengungkap orang tuanya.

Bayi malang itu pertama kali ditemukan Mahmud (46) saat mengeluarkan burung dagangannya di depan rumah, Kamis (17/10). Dia pun lantas menghubungi polisi untuk melakukan penyelidikan.

Bersama bayi itu ada tempat tidur, susu dan bedong. Lantaran bibirnya kering diduga kelaparan, bayi itu dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang.

"Saya kaget ada bayi di bak mobil, saya lihat masih hidup, tapi bibirnya kering. Ada kasur, susu dan bedong di sampingnya," ungkap Mahmud.

Kasubbid Yanmeddokpol Polda Sumsel Yunita Mars mengatakan, setelah sempat kelaparan, kondisi bayi tersebut sudah stabil. Bayi itu memiliki berat 2,7 kilogram dan diperkirakan berusia satu minggu karena tali pusarnya sudah lepas.

"Dilihat dari bibir yang kering memang bayi ini kelaparan, sekarang sudah stabil," kata dia.

Sementara itu, Kapolsek Kalidoni Palembang AKP Irene menduga pembuang bayi itu adalah orangtuanya sendiri yang dilakukan penyelidikan. Dugaannya karena faktor ekonomi atau hubungan diluar nikah.

"Masih lidik, kita minta keterangan saksi dari penemu pertama dan pihak RT setempat," kata dia.

Untuk sementara, sambung dia, bayi itu belum diperbolehkan diadopsi warga. Sebab, saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit dan menunggu kondisinya membaik.

"Silakan mau mengadopsi, tapi kami minta bersabar, biarkan dirawat dokter dulu," pungkasnya.

Baca juga:
Remaja di Makassar Temukan Bayi saat Hendak Beli Pulsa Handphone
Diduga Hendak Dikuburkan, Mayat Bayi Dibuang di Belakang Indekos Samarinda
Sejoli Pembuang Bayi di Denpasar Ditangkap
Hendak Bersihkan Kali Ciliwung, Petugas Kebersihan Temukan Mayat Bayi
Melahirkan di Pinggir Jalan, Pasutri Diamankan Warga Karena Diduga Hendak Buang Bayi

(mdk/ray)

TOPIK TERKAIT