BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu yang Kakinya Terluka

BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu yang Kakinya Terluka
BBKSDA Riau. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 31 Juli 2021 05:33 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi dan merawat sementara beruang madu hasil penyelamatan Tim Polsek Mandah di Parit Tasik Madu, Desa Pelanduk, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir. Satwa dilindungi tersebut dirawat lantaran kondisi kaki dan tangannya mengalami pembengkakan.

Humas BBKSDA Riau, Dian menjelaskan satwa bernama latin helarctos malayanus itu pertama kali diselamatkan oleh Tim Polsek Mandah. Saat itu petugas mendapat laporan tentang adanya beruang madu yang terjerat di wilayah Parit Tasik Madu, Desa Pelanduk.

"Petugas lantas mendatangi lokasi dan menyelamatkan hewan tersebut. Kemudian diserahkan ke Balai Besar KSDA Riau melalui pihak Resort Kerumutan Selatan," ujar Dian, Jumat (30/7).

Karena kondisi kaki dan tangan beruang madu yang mengalami pembengkakan, Tim WRU Bidang Wilayah I tidak langsung melakukan pelepasliaran. Beruang madu dievakuasi ke klinik satwa Balai Besar KSDA Riau untuk observasi dan mendapatkan pertolongan terlebih dahulu.

"Satwa kita rawat di klinik satwa Balai Besar KSDA Riau oleh drh. Danang dan paramedis. Pemeriksaan fisik dan pemberian vitamin juga dilakukan untuk pemulihan kondisi Beruang madu tersebut. Semoga Beruang madu segera pulih seperti sedia kala dan dapat dilepasliarkan ke habitatnya," tandasnya.

(mdk/ded)

Baca juga:
50 Gajah Selamat dari Kebakaran Hutan Suaka Margasatwa Padang Sugihan
Warga Tambora Jakarta Barat Tangkap Buaya di Selokan
Buaya Sepanjang 3,9 Meter Dievakuasi dari Lokasi Bermain Anak-Anak di Bombana
Harimau Sumatera Buntuti Pekerja Kebun Sawit di Indragiri Hilir
Periksa 5 Saksi, Polisi Bentuk Tim Khusus Buru Pembunuh Gajah di Aceh Timur
Obyek Wisata Sangeh Ditutup Selama PPKM Darurat, Ratusan Monyet Terancam Kelaparan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami