Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ganja dari Papua Nugini

PERISTIWA | 26 Januari 2020 03:34 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Tim Surveillance Bea Cukai Jayapura menggagalkan penyelundupan vanili dan ganja asal Papua Nugini (PNG) yang dilakukan melalui laut. Mereka ditangkap saat kapal yang digunakan sandar di Argapura, Distrik Jayapura Selatan pada Jumat (24/1).

Kepala Kanwil Bea Cukai Papua dan Papua Barat Rofiq mengatakan, awalnya petugas mengamankan vanili sebanyak 46,4 kilogram yang disimpan di dalam tiga tas.

Kemudian saat penyisiran di sekitar TKP ditemukan satu tas kecil di kolong mobil pick up yang ternyata berisi ganja yang sudah dikemas di dalam enam bungkus plastik seberat 332,3 gram.

Seperti dilansir dari Antara, selain mengamankan vanili dan ganja, petugas juga mengamankan lima warga negara PNG diantaranya LA (20 th), AK (32 th), LA (54 th), FR(54 th) dan AM (45 th).

Kelima tersangka beserta barang bukti berupa ganja akan diserahkan ke Polres Jayapura Kota untuk diproses lebih lanjut. "Sedangkan vanili diserahkan ke Karantina Pertanian Jayapura untuk dimusnahkan," tutup Rofiq. (mdk/fik)

Baca juga:
Beri Sanksi Sosial, Pelaku Narkoba di Tapteng Bakal Diusir dari Kampung
Bolivia Sita Puluhan Paket Obat Bius
Pengasuh Ponpes di Bangkalan Madura Halalkan Sabu dan Ajari Santrinya Memakai
Terima 7,9 Kg Daun Khat, Pengungsi Ethiopia Dihukum 10 Tahun Penjara
Lima Kurir Narkoba di Medan Divonis Hukuman Mati
Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran 1,3 Ton Ganja

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.