Beda Nasib Penabrak Skuter Listrik dengan Apotek Senopati Usai Jadi Tersangka

PERISTIWA | 14 November 2019 21:13 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Ditlantas Polda Metro Jaya memutuskan tidak melakukan penahanan kepada DH, pengemudi mobil Toyota Camry yang tabrak enam pengguna skuter listrik Grabwheels, di Fx Sudirman, Jakarta Pusat. DH terbilang beruntung, apabila dibanding dengan kasus serupa yang belum lama terjadi.

Yakni kasus mobil yang dikendarai Putri Kalingga Hermawan menabrak Apotek Senopati hingga membuat seorang satpam meninggal dunia. Pada saat itu, Putri langsung dilakukan penahanan setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar menjelaskan seorang penyidik memiliki independensi sendiri dalam menentukan nasib tersangka yang ditanganinya.

"Penyidiknya berbeda. Nah ini variasi perkaranya tentunya berbeda, karena penyidik itu independen. Penyidik itu punya penilaian sendiri," kata Fahri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/11).

Fahri menjelaskan, penyidik yang memeriksa DH memutuskan tidak melakukan penahanan karena yakin tersangka tidak akan melarikan diri maupun menghilangkan barang bukti.

"Mungkin penyidik dari Satwil Jakarta Selatan menilai bahwa memang perlu ditahan. Ini berbeda ya," imbuh Fahri.

1 dari 1 halaman

DH Dinilai Tak Hati-Hati

Fahri menjelaskan berdasarkan keterangan saksi yang berada bersama DH di dalam mobil saat kecelakaan terjadi, saksi menilai DH masih mampu mengendarai kendaraan dengan baik, meskipun berada di bawah pengaruh alkohol. Kecelakaan dinilai terjadi lebih karena faktor ketidakhati-hatian DH saat hendak menyalip.

"Dari keterangan saksi, sebenarnya dia menilai dia (DH) mampu untuk mengendarai. Tetapi dilihat dari kronologi, ada ketidakhati-hatian," tutup Fahri. (mdk/eko)

Baca juga:
Kronologi Camry Tabrak Skuter Listrik Hingga Tewaskan Dua Orang
Keluarga Korban Grabwheels Ditabrak di Sudirman Kecewa Pelaku Tak Ditahan
Ini Identitas Penabrak Penyewa Grabwheels Hingga Tewas Dekat FX Sudirman
Tabrak Penyewa Grabwheels Hingga Tewas, Sopir Camry Tak Ditahan Polisi
YLKI Minta Grab Hentikan Sementara Penyewaan Grabwheels
Kakak Penyewa Grabwheels Tewas Bantah Polisi: Orang Mabuk Mana Bisa Nolong