Begini Kondisi Kesehatan Putri Candrawathi Setelah Dijebloskan ke Penjara

Begini Kondisi Kesehatan Putri Candrawathi Setelah Dijebloskan ke Penjara
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Kejagung. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
NEWS | 6 Oktober 2022 14:40 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengungkap kondisi kesehatan Putri Candrawathi, tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat, sehari setelah dijebloskan ke penjara. Putri Candrawathi ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung setelah berkas tahap II dilimpahkan polisi pada Rabu (5/10) kemarin.

"Sebelum menjadi tahanan Penuntut Umum, yang bersangkutan dalam kondisi sehat. Sampai saat ini juga dalam keadaan sehat. Kita punya tim dokter yang melakukan pengecekan secara rutin terhadap semua tahanan yang ada di Rutan Kejagung," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana saat dihubungi, Kamis (6/10).

Ketut mengatakan, pihak Kejagung selalu mengecek kesehatan para tahanan termasuk Putri Candrawathi di rutan. Menurut Ketut, apabila tahanan itu sakit akan diperiksa di Rumah Sakit Umum Adhyaksa di Jalan Raya Mabes Hankam Nomor 60, RT7/RW2, Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

"Setiap saat kalau ada tahanan yang sakit pun kami langsung cek dan kita siapkan juga RS Adhyaksa Ceger milik Kejaksaan," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Polri Pastikan Kondisi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Sehat

Sebelumnya, Bareskrim Polri memastikan para tersangka pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat dalam keadaan sehat. Mereka langsung dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) usai menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Semua dinyatakan sehat. Oleh sebab itu, penyidik (Bareskrim Polri) langsung digeser ke Kejaksaan Agung," kata Karo Multimedia Divisi Humas, Brigjen Pol Gatot Repli Handoko di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/10).

Adapun, Gatot mengatakan bahwa urusan penahan setelah proses tahap II rampung dilakukan. Tanggung jawab para tersangka sepenuhnya telah dipegang Kejaksaan termasuk barang bukti.

"Kalau kemarin itu adalah pemeriksaan atau verifikasi dengan tim JPU, oleh tim JPU sudah dinyatakan lengkap. Sekarang ini tinggal kita menggeser (tersangka) ke JPU," terangnya.

"Ada macam-macam (barang bukti) yang jelas jumlahnya hampir ada sekitar tiga kontainer box plastik itu barang buktinya," tambah dia.

Sementara, kata Gatot, Bareskrim Polri batal menampilkan para tersangka Ferdy Sambo Cs, karena usai menjalani tes kesehatan mereka langsung dibawa ke Kejaksaan.

"Enggak (dihadirkan di Bareskrim) langsung digeser dibawa (ke Kejagung). Semua dinyatakan sehat. Oleh sebab itu oleh penyidik langsung digeser ke Kejaksaan Agung," kata Gatot.

3 dari 3 halaman

Putri Candrawathi Ditahan di Rutan Salemba

Setelah proses pelimpahan, Kejaksaan Agung (Kejagung) langsung membawa para tersangka ke rumah tahanan (rutan) yang telah disepakati dengan penyidik.

Ferdy Sambo ditahan di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua bersama dengan Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman.

Sedangkan, Putri Candrawathi akan dijebloskan ke Rutan Salemba cabang Kejagung. Lalu Brigadir RR; Bharada E; dan Kuat Maruf; Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto; dan AKP Irfan Widyanto akan ditahan di rutan Bareskrim Polri.

(mdk/gil)

Baca juga:
VIDEO: Momen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Dipayungi Anggota Brimob di Kejagung
Beda Perlakuan Kejagung saat Tampilkan Tersangka Kasus Brigadir J, Ferdy Sambo 'Aman'
Jaksa Pastikan Tak Beri Perlakuan Khusus Bharada E Meski Dilindungi LPSK
Pengacara Putri Candrawathi: Tak Adil Jika Tidak Bersalah Ikut Dihukum
Ferdy Sambo Pasang Badan untuk Putri Candrawathi
Momen Kejagung Buka Masker 3 Tersangka Kasus Brigadir J, Ekspresi Bharade E Disorot
Sepenggal Kalimat Cinta Ferdy Sambo kepada Putri Candrawathi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini