Begini Kronologi Pemberian Obat TBC Diduga Kedaluwarsa di Depok

PERISTIWA | 11 September 2019 19:01 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita menjelaskan, pemberian obat diduga kedaluwarsa oleh petugas puskesmas terjadi karena letak obat tersebut berdekatan dengan obat yang masih bagus. Obat tersebut adalah obat untuk penderita Tuberkulosis (TBC). Nur Istiqomah merupakan pasien yang diberikan obat diduga kedaluwarsa oleh petugas puskesmas.

"Jadi obat TBC di puskesmas itu di kotak-kotakin sesuai dengan nama-nama pasien, nah ini ada pasien yang sudah lama tidak datang lagi," kata Nova, Rabu (11/9).

Dia menduga, obat untuk Isti tertukar dengan pasien lain ketika diambil oleh petugas. Dan obat yang tertukar tersebut diduga kedaluwarsa. "Jadi waktu ngambil karena berdekatan mungkin salah ambil, jadi sebenernya itu adalah obat pasien TB juga tapi dia sudah lama tidak datang," paparnya.

Atas kejadian ini pihaknya berjanji melakukan perbaikan. Pihaknya juga sudah menegur petugas di Unit Pelayanan Fungsional (UPF) Puskesmas Villa Pertiwi, "Kami sudah berikan hukuman disiplin berupa teguran kepada yang bersangkutan," kata Nova.

Nova menegaskan pemberian sanksi hukuman disiplin diberikan kepada petugas yang bertanggungjawab dalam pendistribusian obat dalam puskesmas tersebut "Bukan kepala UPF nya, tapi petugasnya yang diberi hukuman disiplin," tegasnya.

Nova menekankan bahwa peristiwa tersebut sebagai kelalaian petugas dan tidak ada unsur kesengajaan. Pihaknya pun tidak pernah menduga akan terjadi kasus ini sebelumnya. " Ini kejadian yang tidak diduga ya, kita sudah melakukan perbaikan perbaikan, sehingga tidak akan lagi terjadi ya," kata Nova.

Nova mengatakan, secara standar operasional prosedural seharusnya petugas melihat dan mengecek obat sebelum diberikan kepada pasien secara teliti salah satunya tanggal kedaluwarsa. "Sopnya sendiri sebenarnya sudah ada ya, cuma ini ada obat kedaluwarsa tapi tidak segera disingkirkan, sehingga pada waktu memberikan jadi salah ambil," tutupnya.

Baca juga:
Dinkes Depok Cek Warga yang Konsumsi Obat Kedaluwarsa dari Puskesmas
Konsumsi Obat Diduga Kedaluwarsa dari Puskesmas, Warga Depok Pusing-pusing
Anies Sanksi Apoteker yang Beri Obat Kedaluwarsa ke Ibu Hamil
Polisi Minta Korban Vitamin Kedaluwarsa Puskesmas Kamal Muara Melapor
Kasus Vitamin Kedaluwarsa ke Ibu Hamil di Penjaringan Termasuk Malapraktik
Nasib Randi, Dipecat Saat Rawat Istri Sakit Karena Obat Kedaluwarsa

(mdk/bal)