Bek Persebaya Asal Brasil Resmi jadi WNI

PERISTIWA | 28 September 2019 08:32 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Bek Persebaya Surabaya Otavio Dutra diambil sumpah atau janji setianya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Itu berarti kini warga asing asal Brasil tersebut sudah ternaturalisasi dan sah menjadi WNI.

"Saya masih seperti sedang bermimpi akhirnya bisa menjadi WNI," ujar Dutra, usai penyumpahan di Kanwil Kemenkum HAM Jatim, Jumat (27/9).

Dutra mengaku sudah 10 tahun berusaha mendapatkan status sebagai WNI. Ia berharap, dengan menjadi WNI dirinya bisa ikut membela timnas nantinya. Namun, baru hari ini keinginan itu bisa menjadi kenyataan. Sehingga, saat diambil sumpahnya oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati dia tampak bersemangat dan lancar.

"Sempat nervous, diambil sumpah lebih berat daripada bermain sepak bola di depan 70.000 suporter. Terima kasih atas support dari semua pihak, termasuk warga Surabaya khususnya bonekmania," ujarnya.

Sebelumnya, Susy mengungkapkan bahwa pengangkatan Dutra sebagai WNI termasuk spesial. Karena dia diangkat karena alasan dibutuhkan negara sesuai dengan pasal 20 UU No. 12 Th. 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia.

Yaitu Orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara dapat diberi Kewarganegaraan Republik Indonesia oleh Presiden."Tentunya setelah memperoleh pertimbangan DPR RI," ujarnya.

Susy pun mengungkapkan bahwa pihaknya memperoleh surat dari Setneg baru 2-3 hari yang lalu. Namun, karena pertimbangan pemanggilan untuk membela Indonesia, maka pada hari ini kami harus mengambil sumpah atau janji setia.

"Saudara telah mengucapkan sumpah atau janji setia sebagai Warga Negara Indonesia, itu artinya bahwa saudara mulai hari ini menjadi manusia baru, yaitu manusia yang berbangsa Indonesia, mencintai Indonesia, membela tanah air Indonesia, berjuang sekuat tenaga untuk kemakmuran dan kesejahteraan Negara Republik Indonesia," ujar Susy.

Susy mengingatkan bahwa sekarang Dutra merupakan bagian dari sekitar 250 juta rakyat Indonesia yang haus akan prestasi Internasional. Juga menjadi warga Surabaya yang telah terbiasa dengan penghargaan level dunia serta keluarga besar dari bonek mania. Oleh karena itu, Susy berpesan agar Dutra berjuang dengan maksimal. Sekuat tenaga dan cerdas dalam bidang yang dikuasai.

"Warga Kota Surabaya saat ini ingin Persebaya menjadi klub papan atas dan nomor satu di kancah persepakbolaan nasional. Juga Indonesia saat ini ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bukan Tim Sembarangan. Tunjukkan bahwa Saudara mampu meraihnya," terangnya.

Setelah resmi menjadi WNI, Dutra diberi waktu selama 14 hari untuk mengurus surat kependudukan menjadi warga Kota Surabaya, yakni membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, ia juga diminta mengembalikan dokumen kenegaraan Brazilnya ke Kantor Imigrasi.

Baca juga:
Hari Ini, Otavio Dutra Jalani Sumpah Naturalisasi
Raker Naturalisasi di DPR, Menpora Harap Otavio Dutra Memberi Contoh Baik
Piala Presiden 2019: Panggung Pemain Uzur
Tanpa Bonek, Persebaya Siap Ladeni Arema FC
Segera Naturalisasi, Otavio Dutra Punya 2 Mimpi Bersama Timnas Indonesia
4 Pemain Naturalisasi yang Masuk Timnas Indonesia Saat Ini

(mdk/rhm)