Bekasi Perpanjang PSBB Proporsional, Kapasitas Tempat Publik Ditambah

Bekasi Perpanjang PSBB Proporsional, Kapasitas Tempat Publik Ditambah
PERISTIWA | 3 Juli 2020 18:17 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memutuskan memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional mulai hari ini hingga 16 Juli mendatang. Kebijakan ini mengikuti DKI Jakarta yang memperpanjang PSBB transisi selama dua pekan.

"Pemerintah daerah diberikan kelonggaran-kelonggaran mengikuti kondisi daerah masing-masing," kata Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja pada Jumat (3/7).

Kelonggaran tersebut, ia mencontohkan menambah kapasitas publik yang awalnya dibatasi hanya 50 persen, sekarang diizinkan hingga 75 persen. Baik itu tempat ibadah maupun pasar tradisional maupun atau modern.

"Misalnya pasar, tadinya kapasitas pengunjung hanya boleh 50 persen, sekarang boleh 75 persen, begitu juga tempat ibadah," kata Eka.

1 dari 1 halaman

Waspadai Kasus Baru

Meski dilonggarkan, ia meminta anak buahnya waspada adanya kasus-kasus baru. Karena itu, semua instansi yang menangani pertumbuhan ekonomi diminta berkoordinasi dengan dinas kesehatan.

"Kami daerah industri, ini yang harus betul-betul dijaga, jangan sampai ada klaster baru," kata dia.

Berdasarkan data terakhir dari pikokabsi.bekasikab.go.id pada hari ini, jumlah orang yang terkonfirmasi positif sebanyak 284 orang, dengan rincian kasus aktif 40 orang, sembuh sebanyak 224 orang, dan meninggal dunia sebanyak 20 orang.

Jumlah ini melonjak dibandingkan pada pekan lalu. Penyebabnya ada klaster baru di pabrik milik PT Unilever Indonesia Tbk di kawasan industri Jababeka. Di sana sekarang ada 21 buruh terkonfirmasi terpapar virus corona. (mdk/eko)

Baca juga:
Mulai 13 Juli, Stasiun Bogor dan Cilebut Hanya Bisa Gunakan Kartu Multitrip
PSBB Tahap II, Pemkot Depok Izinkan Kegiatan Sosial dan Ekonomi Secara Terbatas
Langgar PSBB Transisi, Diskotek Top One Jakarta Barat Disegel
Mulai Hari Ini, Ojek Online dan Pangkalan di Kabupaten Bogor Boleh Bawa Penumpang
Malioboro Mulai Terapkan Zona Kuota Pengunjung
Volume Kendaraan di Masa PSBB Transisi Jakarta Mendekati Kondisi Normal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami