Belajar dari Italia, Fadli Zon Ingatkan Jokowi Jangan Tunda Lockdown

Belajar dari Italia, Fadli Zon Ingatkan Jokowi Jangan Tunda Lockdown
PERISTIWA | 24 Maret 2020 07:46 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk mengambil langkah yang lebih tepat untuk menangani pandemi Corona. Sebab rasio kematian yang tinggi.

Fadli menyinggung tingginya jumlah kematian akibat Corona di Itali. Menurutnya, hal itu disebabkan karena pemerintah Itali terlambat melakukan lockdown.

"Sebagaimana yang banyak kita ketahui, salah satu sebab kenapa Italia kini mengalami kondisi lebih buruk dari Cina adalah karena pada mulanya mereka terlalu menganggap remeh wabah Covid-19. Mereka terlambat melakukan lockdown, sehingga pada akhirnya virus menyebar dengan cepat ke seluruh wilayah melebihi kapasitas perawatan yang bisa disediakan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (24/3).

Menurutnya, jika Presiden Jokowi masih bertahan pada pola penanganan seperti hari ini, tak menutup kemungkinan situasi Indonesia mengikuti Itali.

"Jika kita masih bertahan dengan pola koordinasi yang telah diterapkan selama seminggu terakhir, bukan tak mungkin kita akan mengalami situasi yang lebih buruk dari Italia dalam beberapa minggu ke depan," ucapnya.

Ketua BKSAP DPR itu membandingkan data terjangkit di Wuhan, Cina dengan Jakarta. Wuhan, kata Fadli, mencapai 495 orang sementara Jakarta sedikitnya 304. Fadli mendorong pemerintah supaya menerapkan langkah yang drastis melihat momentum tersebut.

"Ini adalah titik kritis untuk segera memulai sebuah kebijakan drastis," kata dia.

Baca Selanjutnya: Namun Fadli tak melihat pemerintah...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami