Belasan Rumah dan 3 Tempat Ibadah di Maluku Utara Rusak Akibat Gempa

PERISTIWA | 15 November 2019 13:47 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Gempa bumi magnitudo 7,1 yang melanda Maluku Utara (Malut) mengakibatkan belasan rumah warga rusak dan tiga gereja di Pulau Batang Dua mengalami kerusakan.

"Sesuai laporan hingga siang ini khususnya di Pulau Batang Dua Ternate, korban luka dua orang, rumah rusak ringan lima unit, rumah retak 12 unit dan gereja rusak ringan sebanyak 3 unit," kata Kepala BPBD Malut Karim Buamona di Ternate, Jumat (15/11).

Menurut dia, korban luka-luka itu berada di Pulau Mayau dua orang yakni Delvi Peo, warga Mayau Pulau Batang Dua Kota Ternate dan Mesin Bunga warga kelurahan Lelewi Batang Dua kota Ternate.

Sedangkan untuk kerugian materil di Kota Ternate terdapat di Kelurahan Mayau Batang Dua Kota Ternate 3 tiga rusak retak, Kelurahan Lelewi Batang Dua 2 rumah rusak ringan, Kelurahan Bido Kecamatan Batang Dua, 1 rumah rusak ringan, rumah ibadah tiga unit gereja rusak ringan yakni Gereja GPDI Eklesia Lelewi bagian palafon, GPM Jemaat Efata dan Gereja GKPMI vila Bido alami kerusakan di bagian pelafon.

Menurut dia, warga saat ini dilaporkan beraktivitas normal tapi malam akan kembali ke pengungsian di lokasi yang tinggi untuk antisipasi hal-hal yang mereka tidak inginkan

"Kami telah melakukan koordinasi dengan BMKG, BPBD kabupaten/kota dan sektor terkait untuk mengidentifikasi korban kerusakan dan kerugian akibat gempa bumi tersebut," jelas Karim.

Olehnya itu, untuk memudahkan penanganan korban gempa bumi 7,1 magnitudo di Malut, BPBD Malut telah membuka posko sementara kawasan Hasan Esa Kota Ternate. (mdk/cob)

Baca juga:
Pengidap Sakit Jantung di Sulut Meninggal Usai Gempa Magnitudo 7,1
Aktivitas Warga di Halmahera Barat, Ternate dan Bitung Kembali Normal
Gempa di Maluku Utara Akibat Penyesaran dalam Lempeng Laut
BMKG Catat 79 Gempa Susulan Guncang Maluku Utara
Kurun Waktu Sekitar 30 Menit, Jailolo Diguncang 3 Kali Gempa

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.