Belum Sebulan Bebas Jadi Begal Lagi, Napi Asimilasi di Medan Ditembak

Belum Sebulan Bebas Jadi Begal Lagi, Napi Asimilasi di Medan Ditembak
PERISTIWA | 8 Mei 2020 21:00 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Satu lagi narapidana yang baru dibebaskan dalam program asimilasi pada pandemi Covid-29 kembali berulah. Dia mengulangi aksi begal hingga akhirnya ditembak polisi.

Napi yang kembali berulah yakni Haris Lubis (24), warga Jalan Denai Gang Sugeng, Medan Denai. "Pelaku adalah napi perkara begal dan mendapatkan program asimilasi pada tanggal 14 April 2020," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Jumat (8/5).

Komplotan Haris diduga merampok RH Kusuma (20), warga Jalan Terusan Dusun II Bandar Setia, Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Mereka merampas sepeda motor pemuda ini di sekitar Kompleks Perumahan Veteran Desa Medan Estate, Sabtu (2/5) sekitar pukul 06.00 WIB.

Dalam aksi begal ini Haris berperan sebagai eksekutor. Dia yang menodongkan senjata tajam dan menyerang korban jika mendapat perlawanan.

Haris disergap tim dari Unit Opsnal Subdit III Ditreskrimum dan BKO Resmob Brimob Polda Sumut di Jalan Rajawali, Perumnas Mandala, Kamis (7/5) sekitar pukul 07.00 Wib. Kakinya ditembak. "Tim terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur karena HL melawan saat akan ditangkap petugas. Dia kemudian diboyong ke rumah sakit untuk pengobatan," jelas Tatan.

Polisi juga menyita 1 unit sepeda motor Honda Beat putih yang digunakan tersangka saat beraksi. Sementara samurai miliknya yang jatuh di TKP sudah lebih dulu diamankan.

Setelah diobati, Haris diserahkan ke Satreskrim Polrestabes Medan untuk menjalani proses hukum dan pengembangan lebih lanjut. "Kita berkoordinasi untuk melakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya dan mencari sepeda motor korban yang telah dijual kepada penadah," tutup Tatan. (mdk/bal)

Baca juga:
Napi Asimilasi Diduga Terlibat Pembunuhan Elvina
Di Bengkulu, Napi Bebas Berkat Asimilasi Berulah Dijebloskan ke Sel Khusus
Tiga Kali Berbuat Kriminal, Napi Asimilasi dari Lapas Samarinda Ditembak
CEK FAKTA: Hoaks Pembebasan 2.800 Napi dari Lapas Pondok Rajeg Cibinong
Napi Asimilasi Beraksi, Duit Rp 675.000 & 11 Bungkus Rokok Hasil Curian Disita
Ditjen PAS Pastikan Video Informasi Ribuan Napi di Cibinong Dibebaskan Hoaks

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami