Belum Vaksin Covid-19, Puluhan Wisatawan Dilarang Masuk Lawang Sewu

Belum Vaksin Covid-19, Puluhan Wisatawan Dilarang Masuk Lawang Sewu
Dipenuhi pengantin, lawang sewu raih rekor MURI!. ©2015 Merdeka.com
NEWS | 12 Mei 2022 00:30 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Tingkat kunjungan wisatawan di Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah selama libur Lebaran meningkat. Per tanggal 30 April sampai 7 Mei 2022, mencapai 37.500 dengan pengunjung dari rombongan keluarga.

"Lumayan meningkat setiap hari rata-rata mencapai 4.700 wisatawan. Tanggal 5 mei meningkat kunjungannya 8.154 orang. Bahkan ada wisatawan asing yang datang sekitar 30 sampai 40 orang," kata Manajer Historical Building and Museum PT KA Wisata, Trisna Cahyani, Rabu (11/5).

Mesti aturan sudah dilonggarkan pihak Lawang Sewu tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi potensi penularan Covid-19 saat libur panjang. Sedangkan pengunjung pengunjung yang masuk ditolak petugas saat masuk tidak bisa menunjukkan bukti vaksin pertama.

"Kebanyakan banyak bohong belum vaksin karena komorbid, ketika kita minta surat komorbidnya mereka tidak bisa menunjukkan surat dokter. Ya terpaksa kita tolak masuk rata-rata 25-40 wisatawan yang gagal masuk Lawang Sewu setiap harinya. Mereka akhirnya balik kanan," ungkapnya.

Tindakan tegas menjadi risiko bagi wisawatan yang tidak bisa memenuhi aturan protokol kesehatan. "Jadi itu sudah risikonya mereka. Kita tidak jadi persoalan karena memang sebagai ikon wisata di Semarang, prosesnya harus tetap ketat dan taat aturan pemerintah," jelasnya.

Hasil penjualan tiket Lawang Sewu tembus Rp800 juta. Raihan pendapatan itu muncul karena tren kunjungan wisatawan naik dia kali lipat ketimbang kondisi bulan sebelumnya.

"Kurang lebih dari penjualan tiket, kita bisa dapat pendapatan Rp800 juta. Wisatawan yang liburan ke Lawang Sewu sangat tinggi dan naik dua kali lipat," pungkasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Bromo Jadi Favorit di Libur Lebaran, Pengunjung Capai 2.202 Orang
YLKI Desak Kepolisian Usut Tuntas Penyebab Ambrolnya Seluncuran Kenpark Surabaya
Kronologi Seluncuran Kenpark Surabaya Ambrol Melukai 16 Orang
5 Potret Keseruan Festival Balon Udara di Wonosobo, Ada Sosok Pawang Angin
Ribuan Wisatawan Serbu Pantai Tanjung Pakis Karawang
Pertama Kali Dikunjungi Jokowi, Ini Fakta Tentang Istana Tampaksiring

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini