Bendung Katulampa Hari Ini Normal, Banjir Jakarta Dipastikan karena Hujan Lokal

Bendung Katulampa Hari Ini Normal, Banjir Jakarta Dipastikan karena Hujan Lokal
PERISTIWA | 23 Februari 2020 13:42 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Banjir menggenangi sejumlah wilayah di ibu kota Jakarta sejak Minggu (23/2) pagi. Genangan air dipastikan bukan kiriman dari wilayah Bogor karena Bendung Katulampa terpantau normal.

"Masih 40 cm (Tinggi Muka Air di Katulampa)," ujar Koordinator Sub Unit Pelayanan Ciliwung Katulampa, Andi Sudirman, kepada Liputan6.com, Minggu (23/2/2020).

Dia menuturkan, apa yang terjadi di Jakarta karena laut pasang dan hujan lokal.

"Itu hujan lokal, laut sedang pasang, Ciliwung hulu normal," jelas Andi.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor, siaga. PPSU dan Satgas Banjir Kecamatan diminta segera tindak lanjuti genangan yang muncul.

BPBD DKI telah mengeluarkan peringatan dini terjadinya hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di lima wilayah Jakarta.

Peringatan dini itu disampaikan melalui laman Twitter resminya @BPBDJakarta, pada Minggu dini hari (23/2/2020). Kelima wilayah tersebut adalah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Peringatan dini itu berlaku pada Minggu mulai pukul 02.15 WIB sampai dengan pukul 05.15 WIB.

Sementara itu, BPBD menyebut tinggi muka air di pada pukul 01.00 WIB di Pintu Air Angke Hulu dan Pasar Ikan berstatus Siaga 3 atau waspada.

Sedangkan kondisi tinggi muka air di sejumlah pintu air lain, seperti Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Waduk Pluit, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, Pulo Gadung masih Siaga 4 atau normal.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
RSCM Kebanjiran, Menkes Ingin Alat Medis Segera Difungsikan
Banjir Terlantarkan Pengguna Transportasi Umum
Puluhan Motor Mogok Akibat Nekat Terobos Banjir
Jasa Pengangkut Sepeda Motor Saat Banjir
Jalan Ahmad Yani Lumpuh Akibat Banjir

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami