Beraksi di Jakarta dan Batam, Pencuri Motor Antarprovinsi Ditembak di Jambi

Beraksi di Jakarta dan Batam, Pencuri Motor Antarprovinsi Ditembak di Jambi
Polisi memaparkan tersangka curanmor antarprovinsi yang ditembak. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 3 Maret 2021 09:48 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Anggota Reskrim Polsek Jelutung Kota Jambi menangkap seorang pelaku pencurian sepeda motor atau curanmor yang sudah beraksi di beberapa kota, seperti Batam, Jakarta, dan Jambi. Tersangka ditembak pada bagian kaki karena melakukan perlawanan.

"Pelaku yang ditangkap berinisial DA, warga Musi Rawas, Sumatera Selatan itu ditangkap di Kota Jambi tempat persembunyiannya," kata Kapolsek Jelutung Iptu Aidil Munsaf kepada Antara di Jambi Rabu (3/3).

DA merupakan residivis kasus curanmor. Dia melakukan aksinya di beberapa provinsi.

Berdasarkan pemeriksaan tim penyidik, DA telah beraksi lebih dari sepuluh lokasi berbeda. Dia mengaku telah melakukan pencurian di tiga tempat di wilayah Jakarta, lima lokasi wilayah Batam, dan dua lokasi di Kota Jambi.

Pada saat penangkapan, petugas terpaksa menembak bagian kaki DA. Polisi menyatakan dia berusaha melawan dan mencoba melarikan diri. "Saat dilakukan penangkapan, pelaku ini mencoba melarikan diri dan melawan petugas sehingga sempat juga terjadi kejar-kejaran, hingga anggota di lapangan harus beri tindakan tegas dan terukur," jelas Aidil.

Dia memaparkan mereka hanya membutuhkan waktu sekitar tujuh jam setelah pelaku melancarkan aksinya mencuri sepeda motor di wilayah Bathin XXIV, Kabupaten Sarolangun, Jambi pada Minggu (28/2) pukul 03.00 WIB.

Sebelumnya, pelaku juga nekat mencuri dari rumah dari anggota polisi di kawasan Jelutung, Kota Jambi. Dia membawa kabur satu unit sepeda motor Honda Vario, mesin jahit, laptop, handphone dan konsol game.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke-3 dan ke-4 KUHPidana, karena melakukan pencurian dengan pemberatan. "Ancaman tujuh tahun penjara," sebut Aidil. (mdk/yan)

Baca juga:
Pencuri Motor Antik Dibekuk Setelah Posting Jualan di Medsos
Kawanan Maling Motor Dibekuk, Motif Ekonomi hingga Buat Beli Sabu
Hendak Rebut Senpi Polisi, Residivis Spesialis Curanmor Ditembak Mati
Ketahuan Saat Beraksi, Pencuri Motor di Bandung Tewas Ditembak karena Melawan Polisi
Polisi Ungkap Sindikat Curanmor di Bogor, 9 Orang Pelaku Diamankan
Cinta Tumbuh di Penjara, Sepasang Residivis di Tuban Kompak Curi Motor karena Ini

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami