Berantas Korupsi, Novel Sebut Penindakan, Pencegahan & Pendidikan Harus Sejalan

PERISTIWA | 9 Desember 2019 14:01 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, memberikan pandangan pribadinya di Hari Antikorupsi se-Dunia. Menurutnya pemberantasan korupsi harus dilakukan dari segala aspek dan saling mendukung.

Dia mencontohkan penanganan korupsi di beberapa negara maju. Ada tiga hal penting yang menjadi acuan yakni penindakan, pencegahan dan pendidikan. Ketiganya harus berjalan bersamaan tak bisa hanya salah satu saja.

"Pertama, penindakan dilakukan dalam rangka orang takut untuk berbuat korupsi. Yang kedua, pencegahan dilakukan agar orang tidak bisa berbuat korupsi. Ketiga, pendidikan juga dilakukan agar orang tidak mau melakukan korupsi. Dan hal ini harus berjalan bersamaan, enggak mungkin pencegahan bisa berjalan sendiri," jelas Novel di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Dia juga berharap tiga poin penting itu juga terjadi di Indonesia. Sehingga pemberantasan korupsi berjalan seimbang dan tidak tumpang tindih.

"Ketika penindakan dilemahkan saya khawatir gak lagi berimbang," katanya.

Jika ketiga hal itu berjalan dengan baik, dia yakin akan menghasilkan efek jera bagi para pelaku. "Kita berharap detterrent effect. detterrent effect itu pencegahan paling efektif," tegas Novel. (mdk/lia)

Baca juga:
Sore Ini Jokowi Panggil Kapolri Tagih Laporan Penyelidikan Kasus Novel
Novel Baswedan Harap Kabareskrim Berani Ungkap Orang Besar di Balik Kasusnya
KPK Tunggu Laporan Kabareskrim Soal Perkembangan Kasus Novel
Pesan KPK ke Kabareskrim Irjen Listyo Sigit: Titip Kasus Novel
Kasus Novel Jadi Tantangan Irjen Listyo Sigit Selamatkan Wajah Jokowi dan Polri
Bela Kepolisian, Gerindra Yakin Kasus Novel Dapat Terungkap pada Saatnya
Irjen Listyo Sigit Jadi Kabareskrim, Kasus Novel Baswedan Menanti Penyelesaian

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.