Berawal dari Aplikasi Kencan, Seorang Pria Tipu Calon Istri

PERISTIWA | 25 September 2019 21:31 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Berawal dari perkenalan melalui aplikasi kencan Tantan, kisah asmara James berujung laporan polisi. Dia dilaporkan calon istrinya yang dikenal melalui Tantan karena kasus penipuan. James membawa kabur sejumlah barang milik calon istrinya seperti uang dan ponsel. James kini diamankan di Mapolda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, tersangka yang tinggal di daerah Cilincing ini telah berkeluarga dan bekerja sebagai ojek online. Melalui aplikasi Tantan, James berkenalan dengan seorang perempuan atau korban. Setelah berkenalan, keduanya melakukan kopi darat dan menjalin asmara atau berpacaran selama lima bulan.

Pada bulan Agustus, tersangka mengajak pacarnya makan di suatu rumah makan. James berjanji menikahi korban.

"Pas mengajak makan, tersangka ini meminta uang sekitar Rp2 juta untuk membeli cincin kawin," kata Argo saat rilis kasus di Gedung Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (25/9).

Setalah uang Rp2 juta diterima di rumah makan tersebut, James meninggalkan korban. Korban menunggu sampai rumah makan tutup, James tak kunjung kembali.

"Tersangka melarikan diri dan meninggalkan korban di situ. Tentunya korban kehilangan uang Rp2 juta, yang bayarin makan dia (korban) dan ternyata handphone korban juga dibawa sama tersangka," jelas Argo.

Tersangka ditangkap di rumahnya dan dikenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Argo meminta masyarakat berhati-hati menggunakan aplikasi kencan.

"Seandainya ada kopi darat, kenalan, diajak jalan, jangan sampai kena tipu seperti yang kita rilis hari ini," pungkasnya.

Baca juga:
Tingkah Laku TNI Gadungan, Nekat Menipu Demi Kelabui Banyak Perempuan
Tukang Bengkel Motor jadi TNI Gadungan Kelabui 4 Wanita Sulsel dan Sultra
Janjikan Proyek Pembangunan RSUD Teungku Chik Di Tiro, Warga Bireuen Ditangkap
Polisi Sita 29 Mobil Hasil Penipuan dan Penggelapan Kendaraan
Awal Kasus Dugaan Pemalsuan yang Menjerat Pendiri Kaskus Andrew Darwis
Pendiri Kaskus Andrew Darwis Membela Diri Dituduh Melakukan Penipuan
Waspada! Pencuri Ini Menyamar Ngaku Keluarga saat Ada Hajatan di Medan

(mdk/fik)

TOPIK TERKAIT