Berburu Angpau, Pengemis Musiman dari Luar Kota Rela Menginap di Klenteng Tangerang

PERISTIWA | 24 Januari 2020 15:27 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Jelang perayaan tahun baru Imlek, pengemis dari Tangerang, Cirebon dan Indramayu mulai mendatangi klenteng dan vihara. Mereka berharap berkah dari datangnya perayaan tahun baru etnis Tionghoa di Tangerang.

Seperti terpantau di Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama Kota Tangerang, Jumat (24/1). Belasan pengemis dari berbagai daerah itu, mulai berjajar di halaman depan klenteng.

Dengan pakaian lusuh seadanya, mereka bersiap untuk bermalam dan menyambut para pesembahyang yang datang ke klenteng tertua di Tangerang.

Sai (45) misalnya, warga asal Teluknaga, Kabupaten Tangerang ini mengaku datang lebih awal, agar bisa kedapatan angpau dari pesembahyang yang merayakan Imlek pada Sabtu (25/1) besok.

"Kita dari Tanjung Kait, Teluknaga, mau menginap," katanya ditemani sang kakak, Sainah (72) di depan Kelnteng Boen Tek Bio Tangerang.

Diutarakan dia, kedatangannya ke Klenteng untuk berharap sedekah tamu klenteng yang datang. "Sudah rutin setiap tahun, biasanya di Klenteng Tanjungkait, tapi di sana sudah terlalu ramai orang dari mana-mana," ucapnya.

Meski diguyur hujan, Sai mengaku bersiap untuk menginap di depan halaman Klenteng. Berbekal selimut dan terpal plastik untuk menahan dinginnya udara malam.

"Biasanya dari malam tahun baru juga sudah ramai yang datang, untuk makan mah pasti ada," ucap dia.

Hal senada disampaikan Amang (60), warga Cirebon ini juga sengaja datang lebih awal ke Klenteng.

"Biar dapat tempat (posisi), biasanya sih paling sedikit Rp200 ribu, pernah sampai Rp500 ribu," kata dia.

Menurut dia, dalam setiap pelaksanaan imlek warga Tionghoa, paling senang untuk memberikan angpau. "Mereka senang bersedekah, apalagi Klenteng ini juga ramai," ucapnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Atraksi Liang Liong di Trotoar Bundaran HI
Jejak Kapiten Sepanjang, Komandan Perang Tionghoa-Jawa Melawan VOC
Geger Pecinan, Saat Laskar Tionghoa-Jawa Bersatu Melawan VOC
Yenny Wahid Harap Perayaan Imlek Jadi Pemersatu Bangsa
Kelenteng Hian Thian Siang Tee Bersolek Menjelang Imlek
Jadwal Atraksi Barongsai dan Festival Makanan Imlek di Jakarta

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.