Berdalih Untuk Beli Kuota Internet Anak, Ibu di Sleman Curi Tabung Gas

Berdalih Untuk Beli Kuota Internet Anak, Ibu di Sleman Curi Tabung Gas
borgol. shutterstock
NEWS | 10 Februari 2021 06:04 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Seorang perempuan berinisial HTT (48) warga Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY, ditangkap oleh polisi karena melakukan pencurian tabung gas melon di warung di daerah Ngaglik. Tersangka berdalih aksi pencurian ini terpaksa dilakukan untuk membeli kuota paketan dan biaya hidup anaknya.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, jika tersangka HTT telah 3 kali melakukan pencurian tabung gas melon. Dia merinci tiga warung tersebut, satu ada di daerah Caturtunggal dan dua lainnya di daerah Ngaglik.

Dia menerangkan tersangka 5 bulan yang lalu mencuri tabung gas di daerah Caturtunggal. Kasus pencurian ini tidak dilaporkan ke polisi. Kemudian tanggal 1 Februari, tersangka kembali mencuri di daerah Ngaglik dan diselesaikan secara kekeluargaan.

Yuliyanto menerangkan di tanggal 4 Februari, tersangka kembali mencuri tabung gas di daerah Ngaglik. Kali ini oleh korban kasusnya dilaporkan ke polisi.

"Jadi tersangka ini mengaku mencuri karena untuk membeli kuota internet anaknya sekolah. Padahal di dalam dompetnya ada uang Rp 240 ribu. Tersangka ini janda dan berdalih mencuri demi anaknya. Padahal anaknya tinggal di Bantul bersama ayahnya,"katanya, Selasa (9/2).

Dia menjabarkan, pihaknya juga menyelidiki hingga ke sekolah anak tersangka. Ternyata semua siswa mendapatkan kuota internet dari Dinas Pendidikan. Kuota internet ini sejak September lalu dikirimkan Dinas Pendidikan ke semua nomor siswa yang sudah didata oleh sekolah.

Tersangka HTT mengaku sudah tiga kali mencuri tabung gas. Dia beralasan jika usaha jualan makanannya bangkrut karena terdampak pandemi Covid-19.

HTT menerangkan sengaja mencuri tabung gas melon karena mudah dan cepat untuk menguangkannya. Tabung gas, lanjut HTT dijual ke klitikan dengan harga Rp 100 ribu setiap tabungnya.

"Tersangka kita jerat dengan Pasal 363 KUHP. Ancaman hukuman 7 tahun penjara. Dari tersangka petugas mengamankan barang bukti berupa tabung gas hasil curian dan sepeda motor milik tersangka," tegas Yuliyanto. (mdk/fik)

Baca juga:
Beraksi Tak Cuma Sekali, Begini Nasib Dua Pencuri di Medan Saat Diamankan Polisi
Polda Jateng Bekuk Pelaku Pencurian Pulsa dan Voucher Game Telkomsel
Tepergok Curi Kabel Lampu Tol Palindra, Pemuda di Ogan Ilir Diciduk Polisi
Kelaparan, Seorang Tuna Wisma di Banyuasin Curi Minyak Kayu Putih untuk Ditukar Nasi
Modus Pinjam, Restu Jual Motor Teman di Facebook Seharga Rp 8 Juta
Polisi Tembak Mati Terduga Pelaku Pencurian Mobil di Banten

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami