Berdiri di Pinggiran Kapal, Penumpang Bus Jawa Indah Tercebur di Selat Bali

PERISTIWA » BANYUWANGI | 5 November 2019 10:07 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Seorang pria bernama Daniel Denge Rode (23) bersama saudara sepupunya Dominggus Tongorongo (22), keduanya asal Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Senin (4/11) pagi, berangkat dari Surabaya, Jawa Timur menuju Denpasar, Bali.

Keduanya menumpang bus Jawa Indah L 7852 UV yang dikemudikan oleh Wahyu Suryawan (47). Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, bus yang mereka tumpangi akhirnya tiba di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, pada malam hari atau sekitar pukul 19.30 Wita.

"Tidak lama berselang, bus yang ditumpangi kedua pemuda itu naik kapal untuk menyebrang menuju pelabuhan Gilimanuk," kata Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk AKP I Gusti Nyoman Sudarsana, Selasa (5/11).

Namun, baru berlayar dari pelabuhan Ketapang sekitar 10 menit atau sekitar pukul 20.30 Wita, Dominggus Tongorongo jatuh dari atas kapal dan tercebur ke laut. Korban rupanya berdiri di pinggiran kapal dan tercebur.

Korban baru diketahui tercebur oleh sepupunya setelah korban berada di dalam laut. Mengetahui ada penumpang yang tercebur, Muhamad Firdaus, nahkoda KMP Gilimanuk 1 langsung olah gerak mengitari lokasi korban terjatuh dan memerintahkan Anak Buah Kapal (ABK) untuk melakukan pencarian terhadap korban.

"Sayangnya korban saat dilakukan pencarian sudah tidak nampak di permukaan air, sehingga tidak ditemukan," ujar Sudarsana.

Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke Polair terdekat. Mendapat laporan ada penumpang kapal tercebur diperairan Ketapang, anggota Polair bersama anggota TNI-AL dan tim SAR langsung melakukan pencarian terhadap korban. Sayangnya hingga saat ini korban belum berhasil ditemukan.

"Menurut keterangan Daniel, sebelum tercebur ke laut, sepupunya itu sempat mengeluh pusing-pusing," tutup Sudarsana.

Baca juga:
15 Penyelam Dikerahkan Cari Tiga Turis China yang Hilang di Perairan Sangiang
Nekat Selfie di Luar Jembatan Youtefa, Respi Terjatuh dan Ditemukan Tewas
3 Bersaudara di Labuhan Batu Tewas Tenggelam di Parit
Jatuh ke Sungai Siak, ABK Tugboat Noah Ditemukan Tewas
2 Mahasiswa Fakultas Hukum Unram Ditemukan Tewas di Air Terjun Rinjani
Cari Tanaman Akar Batu, Penyelam Hilang di Perairan Nusa Penida Bali

(mdk/rhm)

TOPIK TERKAIT