Beredar Dokumen 'Data Lokasi Penyekatan' di Jaksel, Begini Penjelasan Polisi

Beredar Dokumen 'Data Lokasi Penyekatan' di Jaksel, Begini Penjelasan Polisi
PERISTIWA | 29 Maret 2020 20:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dokumen berjudul 'Data Lokasi Penyekatan KLB Covid-19 Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan' beredar di media sosial. Dokumen berisikan pemaparan empat unit Satuan Lalu Lintas di wilayah Jakarta Selatan mengenai ruas jalan yang dijadwalkan akan dilakukan penyekatan.

Disebutkan ada 14 titik. Di antaranya Jalan depan Universitas Veteran dan pintu masuk Tol Fatmawati. U Turn Ranco, di bawah U Turn PJO Ranco, U Turn Pos Gardu, JPO Layang UI, pintu masuk Tol Lenteng 3 dan pintu Tol Lenteng 1.

Menanggapi hal itu, Kasat Lantas Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo menampik informasi yang beredar. Menurut dia, belum ada instruksi penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di wilayah hukum Jakarta Selatan.

"Belum ada penutupan-penutupan atau pengalihan," kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (29/3).

Sri menjelaskan dokumen yang beredar adalah skema yang dipersiapkan Satuan Lantas Polres Metro Jakarta Selatan andai pemerintah memberlakukan kebijakan lockdown atau karantina wilayah.

"Semua pelaksanaan pasti ada sprint (Surat perintah tugas)," ujar dia.

Sebelumnya, dalam Telegram yang ditandatangani Kepala Biro Operasi (Karo ops) Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto itu, memerintahkan Kabagops membuat rencana pengamanan penutupan jalan atau pengalihan arus kendaraan yang keluar atau masuk ke Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, telegram itu terkait permintaan data ke masing-masing wilayah karena mau ada rencana latihan simulasi menanggapi situasi sekarang ini.

"Kita latihan simulasi situasi sekarang ini. Jadi kita minta data di masing wilayah, kumpulkan, rapatkan dibikin pelatihan bersama. Jadi besok-besok apa pun yang terjadi kita sudah siap," kata dia saat dihubungi, Minggu (29/3).

Reporter: Ady Anugrahady (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Satu Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia
Virus Corona di Balikpapan Menyebar Lewat Transmisi Lokal
Persiapan Sidang Paripurna, Gedung Nusantara Disemprot Disinfektan
Pesan Para Musisi untuk Hadapi Corona, Mulai Iwan Fals hingga Didi Kempot
Satu Sembuh, Muncul Lagi Satu Pasien Positif Covid-19 di Riau

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami