Berkas Kasus Mafia Tanah Dino Patti Djalal Rampung, Fredy Kusnadi Cs Segera Disidang

Berkas Kasus Mafia Tanah Dino Patti Djalal Rampung, Fredy Kusnadi Cs Segera Disidang
Penangkapan tersangka kasus mafia tanah Dino Pati Djalal. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 13 April 2021 15:17 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Anggota Subdit Harda Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya merampungkan berkas kasus mafia tanah dengan korban ibunda mantan Wamenlu Dino Patti Djalal. Berkas tersangka Fredy Kusnadi Cs itu sudah dilimpahkan polisi ke jaksa penuntut umum (JPU) dan akan segera disidangkan.

"Berkas perkara FK dan kawan-kawan telah lengkap dan dilakukan tahap dua atau pelimpahan berkas perkara kepada JPU Kejati DKI," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/4).

Pelimpahan berkas perkara kasus tersebut dilakukan pada Rabu (12/4) kemarin. Menurut dia, kasus tersebut tinggal menunggu proses persidangan.

Seperti diketahui, sengkarut kasus mafia tanah ini berawal dari cuitan mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal di media sosialnya yang mengungkap sindikat mafia tanah dengan korban ibunya. Dia menceritakan saat tiba-tiba sertifikat rumah milik ibunya berpindah tangan tanpa adanya transaksi jual beli.

Dalam rentetan kasus ini, Polda Metro Jaya membagi tiga klaster dalam kasus ini. Klaster pertama berkaitan rumah ibu Dino di Pondok Pinang Jakarta Selatan yang berpindah tangan, kedua terkait rumah di Kemang dan ketiga berkaitan dengan rumah di Cilandak Jakarta Selatan yang sudah berpindah tangan.

Sementara kasus ketiga, terdapat pembeli rumah bernama Fredy Kusnadi yang sempat bersiteru dengan Dino usai Dino menudingnya tergabung dalam sindikat mafia tanah. Fredy sendiri sempat melapoekan Dino ke polisi atas tuduhan pencematan nama baik.

Baca Selanjutnya: Modus Para Mafia Tanah...

Halaman

(mdk/gil)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami