Berkas Perkara Lengkap, 2 Penyerang Novel Baswedan Segera Disidang

Berkas Perkara Lengkap, 2 Penyerang Novel Baswedan Segera Disidang
PERISTIWA | 26 Februari 2020 10:54 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Polisi menyatakan berkas kedua tersangka penyerang penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dinyatakan lengkap atau P21. Kedua tersangka bakal segera menjalani persidangan.

"Pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2020, berkas perkara tersangka RKM dan dinyatakan sudah lengkap (P21)," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangannya, Rabu (26/2).

Menurut Argo, polisi telah melakukan pelimpahan tahap II yakni penyerahan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Tinggi DKI.

Sebelumnya, sebanyak 10 adegan dilakukan dalam rekonstruksi kasus penyiraman terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan, di Jalan Deposito T8, RT 03 RW 10, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rekonstruksi dilakukan selama 3 setengah jam lamanya.

"Ada 10 adegan dan ada beberapa adegan tambahan sesuai dengan pembahasan tadi di lapangan dengan rekan-rekan JPU. Ini dalam rangka penuhi petunjuk dari JPU dalam P19 nya ini kami lakukan sesuai dengan apa yang sudah kami bahas sebelumnya," kata Wadir Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya AKBP Dedi Murti di lokasi, Jumat (7/2).

Menurut Dedi, rekonstruksi penyerangan terhadap Novel Baswedan untuk memenuhi syarat administrasi baik formil maupun materil dalam berkas perkara yang sudah dikirimkan sebelumnya kepada tim JPU.

"Intinya adalah supaya alat bukti dan keterangan para saksi dan tersangka dapat kami uji di lapangan. Selanjutnya berkas perkara yang sudah kami lengkapi akan kami kirim kembali ke rekan-rekan di kejaksaan tinggi DKI," ujarnya.

Rekonstruksi itu melibatkan dua tersangka yaitu RM dan RB. Namun, polisi tak melibatkan Novel selaku korban atas peristiwa ini. Novel digantikan peran pengganti.

Reporter: Nanda Perdana Putra (mdk/gil)

Baca juga:
Mahfud MD Usul Polsek Tidak Lagi Melakukan Penyelidikan
Kejati Jakarta Telah Terima Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
VIDEO: Alasan Kesehatan, Novel Baswedan Pilih Tak Hadiri Rekonstruksi
KPK Minta Polisi Usut Dalang Intelektual Penyerangan Novel Baswedan
Apa Kabar Aktor Intelektual Penyiraman Novel Baswedan?
Penyidik Serahkan Berkas Perbaikan Kasus Novel ke Kejati Hari Ini
Novel Baswedan Raih Penghargaan Antikorupsi Internasional

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami