Berkedok Kandang Ternak Ayam, Pabrik Ciu di Cisoka Digerebek Polisi

PERISTIWA | 21 Juni 2019 01:04 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Sebuah pabrik pembuatan minuman keras ilegal yang disamarkan dalam kandang ayam ternak digerebek aparat Polsek Cisoka, Tangerang, Kamis (20/6/2019). Selain sejumlah alat produksi dan barang bukti lain, Polisi juga berhasil mengamankan pemilik KM (30) dan dua pekerja yang sedang melakukan pengolahan.

Kapolsek Cisoka, AKP Uka Subakti dalam keterangannya, menjelaskan, penggerebekan pabrik miras ilegal tersebut, bermula dari laporan masyarakat di Desa Jengkol, Kampung Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, yang curiga dengan bau masam dari sekitar kandang ternak ayam.

Dari laporan tersebut, kemudian diketahui bahwa kandang ternak ayam hanya sebagai kedok, untuk memuluskan usaha ilegalnya tersebut.

"Kami dapat informasi adanya kecurigaan warga terhadap salah satu lokasi kandang ayam. Kemudian atas dasar tersebut, kami lakukan penyelidikan dan kemudian didapati praktek pembuatan miras dengan tindakan lanjutan kami bongkar praktek itu, serta penggeledahan," kata Uka, Kamis (20/6).

Dari tempat produksi tersebut, polisi menyita 50 drum bahan baku campuran fermentasi minuman ciu dan dua drum minuman ciu siap edar.

Dari pengakuan sementara pemilik usaha, pabrik ciu rumahan itu, mampu mendatangkan pundi hingga Rp 30 juta per bulan.Miras tersebut, lanjut dia diedarkan di wilayah sekitar Tangerang dan Banten.

"Pengakuannya ternyata sudah berjalan selama 12 tahun. Setiap bulan dari sini dia bisa meraup uang hingga Rp30 juta," terangnya.

KN lanjut Kapolsek, mampu memproduksi ciu, yang dia pelajari sendiri secara otodidak.

Polisi menjerat para pelaku dengan Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara.

Baca juga:
Bupati Bogor Marah Temukan Botol Miras Hasil Operasi Kosong di Kantor Satpol PP
Ribuan Botol Miras Buat Pesta Malam Takbiran Disita Polres Purwakarta
Malam Takbiran, Polisi Gerebek Gudang Miras Siap Edar di Garut
Kelabui Petugas, Pedagang di Garut Sembunyikan Miras di Sekolahan dan Tempat Sampah
Gubernur Anies Baswedan Musnahkan 18.174 Botol Miras
Temuan Ribuan Botol Miras di Tangerang Dimusnahkan

(mdk/bal)