Berkeliaran di Permukiman, Harimau Sumatera Sudah Mangsa Ternak Warga di Aceh Tengah

Berkeliaran di Permukiman, Harimau Sumatera Sudah Mangsa Ternak Warga di Aceh Tengah
PERISTIWA | 7 Agustus 2020 08:01 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Tiga ekor harimau Sumatera dalam beberapa hari terakhir dilaporkan mendekati pemukiman warga di Kampung atau Desa Kuyun Uken, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah. Bahkan, Harimau itu telah memangsa ternak sapi warga setempat.

Warga Kampung Kuyun Uken, Ramli mengatakan, satwa liar tersebut telah memangsa seekor sapi milik warga setempat sehingga membuat resah.

"Kami melihat tiga ekor harimau berkeliaran di kebun warga, sekitar 700 meter dari perkampungan," katanya seperti dilansir dari Antara, Kamis (6/8).

Dia menjelaskan, harimau Sumatera yang berkeliaran tersebut yakni dua ekor harimau dewasa dan satu ekor anak harimau. Satwa liar yang terancam punah tersebut mendekati pemukiman penduduk secara berkelompok.

Akibat kejadian itu, warga setempat yang berprofesi sebagai petani ketakutan untuk pergi berkebun. Alasannya karena sudah banyak kasus, harimau juga menyerang manusia.

Warga berharap Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan pihak terkait segera mengambil tindakan agar harimau itu kembali ke habitat aslinya di hutan.

"Kami sekarang sangat resah dan sangat berharap agar pihak terkait bisa memberikan solusi," tutup Ramli. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami