Berlebaran di Tengah Pandemi, KPAI Ajak Orangtua Ciptakan Suasana Nyaman Bagi Anak

Berlebaran di Tengah Pandemi, KPAI Ajak Orangtua Ciptakan Suasana Nyaman Bagi Anak
PERISTIWA | 24 Mei 2020 19:28 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Komisi Perlindungan anak memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat. Imbauan tersebut berkaitan dengan terciptanya situasi yang nyaman bagi anak dalam menjalani Lebaran di tengah pandemi Covid-19.

Ketua KPAI, Susanto, mengatakan patut dipahami bahwa Lebaran 1441 H saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan sejumlah hal yang harus diperhatikan demi terciptanya suasana dan situasi yang nyaman bagi anak untuk berlebaran bersama keluarga.

"Pertama, tetap merayakan Idul Fitri di rumah untuk menghindari risiko kesehatan bagi anak dan keluarga," ujar dia, kepada wartawan, Minggu (24/5)

Orang tua juga diimbau membantu anak melakukan silaturahmi via daring, bukan berkunjung atau bertamu ke tempat lain. Hal ini, kata dia, semata-mata untuk melindungi anak dari kerentanan terpapar Covid-19.

"Ketiga, jaga kesehatan, selalu rayakan Lebaran dengan kegembiraan yang bermakna, meski dalam situasi Covid-19 saat ini," ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, momentum Lebaran sering dimaknai sebagai saatnya kembali ke fitrah. KPAI mengimbau agar orang tua menghindari keluarnya hujatan kebencian agar anak-anak tidak meniru.

"Ajarkan anak-anak kita berpikir positif, berkata dan bertindak positif. Menghadapi situasi sulit saat ini, kekompakan sebagai sesama anak bangsa sangat diperlukan agar pandemi Covid-19 segera berakhir," tandas dia. (mdk/lia)

Baca juga:
Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty dan Pernyataan Kontroversinya
PBSI soal PB Djarum Setop Audisi: Tragis, Aktivitas Positif Justru Dihambat
Saat Audisi Cetak Atlet Direcoki Hal yang Tak Berhubungan Dengan Sportivitas
Polemik dengan KPAI, PB Djarum Setop Audisi Bulutangkis Mulai 2020
Komnas PA sebut intimidasi ibu & anak di CFD bentuk pidana

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5