Bersiap Hidup New Normal, MRT akan Tambah Jadwal Operasional

Bersiap Hidup New Normal, MRT akan Tambah Jadwal Operasional
PERISTIWA | 26 Mei 2020 11:39 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Pemerintah tengah bersiap menerapkan new normal di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Menghadapi fase ini, PT MRT atau Moda Raya Terpadu Jakarta menyiapkan jadwal operasional yang baru.

Humas PT MRT Muhammad Kamaluddin saat dihubungi merdeka.com mengungkapkan, pihaknya akan menambah jadwal operasional MRT pada jam sibuk selama new normal.

"Sekarang kan frekuensinya 30 menit sekali, mungkin nanti pola operasinya kemungkinan di jam sibuk itu lima menit sekali," kata Kamaluddin, Selasa (26/5).

Meski demikian, PT MRT belum menentukan secara spesifik rentang waktu jam sibuk. Dia hanya memperkirakan jam sibuk pada pagi mulai sekitar pukul 05.00 WIB. Sementara jam sibuk pada sore hari mulai sekitar pukul 16.00 WIB.

"Ini masih dalam pembahasan (penentuan jam sibuk)," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meminta masyarakat bersiap menjalani new normal atau kehidupan normal yang baru. Dengan kondisi ini, masyarakat dapat kembali hidup normal namun harus menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

"Bapak Presiden juga menekankan pentingnya kita harus bersiap siaga untuk menghadapi era normal baru, kehidupan normal baru. Di mana kita akan berada dalam situasi yang beda dengan normal sebelumnya," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Senin (18/5).

Pernyataan Jokowi ini menuai kritikan pedas. Salah satunya dari Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra.

Hermawan menilai langkah pemerintah pusat mewacanakan new normal di tengah kasus positif Covid-19 meningkat tidak tepat. Seharusnya, pemerintah pusat tetap menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara menyeluruh dan ketat.

"New normal itu sesuatu yang biasa dan memang harus dipersiapkan tetapi memang timingnya harus dilihat baik-baik. Kalau sekarang terlalu gegabah," kata Hermawan saat dihubungi Merdeka.com, Senin (25/5). (mdk/rnd)

Baca juga:
New Normal di MRT: Wajib Masker, Jaga Jarak dan Cek Suhu Tubuh
Jokowi Tinjau Kesiapan Penerapan New Normal di MRT
Presiden Jokowi Cek Kesiapan Penerapan 'New Normal' di Stasiun MRT Bundaran HI
Terimbas Corona, Pembangunan MRT Fase II HI-Kota Molor ke Juni 2020
MRT Jakarta Bebaskan Biaya Sewa UMKM di Stasiun

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5