Bertandang ke MUI, Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad soal Video Viral yang Dipolisikan

PERISTIWA | 21 Agustus 2019 17:56 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Sore ini, Rabu (21/8/2019) pukul 15.50 WIB, Ustadz Abdul Somad (UAS) menyambangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

Usai bertemu dengan petinggi Majelis Ulama Indonesia (MUI) seperti Sekjen MUI Anwar Abbas, dan Ketua Infokom MUI Masduki Baidowi, UAS berkesempatan menjelaskan duduk masalah perihal ceramahnya yang viral. Dalam kesempatan itu, UAS menegaskan bahwa dirinya tidak merasa bersalah dengan apa yang disampaikan di tengah forum kajiannya.

"Bahwa ceramah yang diviralkan itu adalah menjawab pertanyaan kajian, bukan inti permasalahan karena saya punya kajian di Masjid Agung An-nur Pekanbaru Riau setiap subuh," kata UAS.

"Saya tidak sedang kapasitas Perbandingan Agama atau berdebat atau berdialog tapi menjelaskan aqidah umat Islam. Saya tidak lagi memberikan kajian rutin subuh setelah keliling tabligh akbar tapi itu lebih kurang 3 tahun yang lalu," pungkas UAS.

Dalam jawaban UAS mengingatkan, bahwa malaikat enggan masuk ke dalam rumah jika di dalamnya ada simbol patung. "Mengapa malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah yang ada patung karena di antara tempat tempat tinggal Jin adalah patung," tegas UAS.

Menurut mubaligh kondang itu, dirinya menyampaikan sesuatu yang ada dalam Alquran. Yakni menyampaikan akidah yang lurus bagi umat Islam kala itu.

Di sana, UAS mentakwilkan sebuah ayat suci Alquran Surat Al Maidah Ayat 73 yang intinya menjelaskan bahwa salah satu prinsip akidah dalam Islam yang mentauhidkan Allah.

"Sesungguhnya kafirlah orang yang mengatakan Allah itu tiga dalam satu, satu dalam tiga. Saya jelaskan itu kepada umat Islam. Otomatis orang yang di luar itu tersinggung atau tidak?" kata UAS.

Ia juga menyampaikan tak mungkin bagi dirinya untuk menjaga ceramah internal umatnya tidak tersebar ke publik. Terlebih lagi di zaman yang serba digital ini.

"Tak mungkin kan saya satu-satu (minta) matikan HP, matikan HP," papar UAS.

Baca juga:
Ustaz Abdul Somad Angkat Bicara soal Video Viral yang Dipolisikan
Ekspresi Ustaz Abdul Somad saat Tiba di MUI
Berbaju Putih, Ustaz Abdul Somad Tiba di Gedung MUI
Seruan Munas Alim Ulama PKB, Ajak Pendakwah Sampaikan Hal Positif bagi Masyarakat
MUI Hari Ini Undang Ustaz Abdul Somad untuk Bertabayyun
Pelapor UAS Dilaporkan Balik dengan Tuduhan Pencemaran Nama Baik

(mdk/ded)