Bertemu di Keraton, Putri Mahkota Denmark dan Putri Sultan HB X Bahas Masalah Remaja

Bertemu di Keraton, Putri Mahkota Denmark dan Putri Sultan HB X Bahas Masalah Remaja
PERISTIWA | 4 Desember 2019 17:31 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Putri Mahkota Denmark, Mary Elizabeth Donaldson berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (4/12). Di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Putri Mary disambut langsung oleh Sultan HB X.

Selain Sultan HB X, nampak pula permaisuri GKR Hemas beserta keempat putrinya yaitu GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno dan GKR Bendara.

Putri sulung Sultan HB X, GKR Mangkubumi menjelaskan kehadiran Putri Mary di Yogyakarta untuk melihat sejumlah proyek yang didanai oleh United Nations Population Fund (UNPFA). Di Yogyakarta, sambung GKR Mangkubumi ada sejumlah proyek yang didanai UNPFA.

GKR Mangkubumi memaparkan bahwa Denmark merupakan donatur terbesar untuk UNPFA. Di UNPFA, Putri Mary menjadi patron.

"Beliau itu aktif di UNFPA. Mengerjakan kegiatan tentang kepemudaan," ujar GKR Mangkubumi.

GKR Mangkubumi menerangkan bahwa salah satu program yang didanai oleh UNPFA adalah Unala. Unala adalah sebuah program inovatif yang memberikan informasi dan layanan kesehatan reproduksi bagi remaja.

Unala ini dikembangkan UNFPA bekerjasama dengan Yayasan Siklus Sehat Indonesia (YSSI). GKR Mangkubumi sendiri pernah menjadi turut membidani Unala di Yogyakarta.

"Beliaunya kan melihat program Unala yang ada di Yogya. Kebetulan beberapa tahun lalu saya yang membuat," ungkap GKR Mangkubumi.

GKR Mangkubumi menambahkan program-program Unala telah berjalan dengan baik. Unala pun dinilai mampu membuat remaja dekat dengan para dokter-dokter terkait kesehatan reproduksi.

"Evaluasinya Unala bagus. Dokternya muda, servisnya bagus dan dokter-dokter menjadi sahabat bagi remaja," pungkas GKR Mangkubumi. (mdk/ded)

Baca juga:
Dapat Cerita dari Mertua, Putri Mahkota Kerajaan Denmark Bertamu ke Keraton DIY
Nama Desa dan Kecamatan di Yogyakarta akan Dikembalikan ke Zaman Kesultanan
Perubahan Nama Desa di Yogyakarta Tidak Pengaruhi Program Dana Desa
Keraton Yogyakarta Pecat Abdi Dalem yang Terlibat Pelecehan Seksual
Keraton Yogya Mulai Prosesi Pembuatan Gunungan Gerebeg Maulid
Raja Malaysia Bertemu Sultan HB X di Keraton Yogyakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami