Bertemu Dubes Saudi, Prabowo Tak Bahas Pencekalan Rizieq

PERISTIWA | 12 November 2019 19:43 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, telah menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi. Dalam pertemuan itu, Prabowo membahas tentang pertahanan global dan regional bagi kedua negara.

"Tadi, dubes AS ya tentu pertama perkenalan pasti dan kemudian juga bicara hal-hal yang sifatnya pertahanan global, isu pertahanan global dan regional. Jadi, seperti apa kondisi pertahanan keamanan global dan regional dan banyak diskusi terkait dengan itu. Kemudian tadi juga ketemu dengan dubes Arab Saudi. Ya tentu hal sama dibicarakan tadi. Ini juga terkait dengan kunjungan kehormatan," kata staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial-Ekonomi dan Hubungan antar lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

Dalam pertemuan dengan Dubes Arab Saudi, Dahnil mengaku Prabowo tak membahas pengakuan Pimpinan FPI Rizieq Syihab yang dicekal untuk pulang ke Indonesia. "Enggak, enggak, secara spesifik enggak ke sana," katanya.

"Secara spesifik karena tadi temanya tentu pertahanan, kunjungan kehormatan, pihak Arab Saudi belum membahas secara khusus terkait dengan itu (Rizieq). Tetapi, seperti tadi disampaikan oleh Pak Prabowo langsung, ketika di Istana, beliau akan pelajari. Karena sebagian beliau memahami masalah Habib Rizieq ini," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Masih Akan Dipelajari

Lebih lanjut Dahnil menegaskan, kalau pihaknya akan mempelajari apakah Kemenhan ada wewenang perihal pencekalan Rizieq. Sebab, Dahnil menegaskan, pemerintah berhak membela warga negaranya.

"Karena teman-teman tanya kan. Temen-teman tanya kemudian beliau sebagai bagian dari pemerintahan beliau akan pelajari dan pahami apakah ada porsi dari Kemenhan. Kalau enggak ada tentu hanya akan jadi pembicaraan informal mungkin. Kan salah satu tugas dari Kemenhan itu, dan tugas negara adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia," pungkas Dahnil. (mdk/eko)

Baca juga:
VIDEO: Imigrasi Bantah Keluarkan Surat Pencekalan Buat Habib Rizieq
VIDEO: Teka-teki Siapa Pencekal Kepulangan Rizieq Shihab?
Imigrasi Sebut Paspor Rizieq Syihab Berlaku Hingga 2021
Sudah Cek Imigrasi, Mahfud MD Tegaskan Tidak Ada Pencekalan Rizieq Syihab
Menlu Retno Irit Bicara Saat Ditanya Kasus Pencekalan Rizieq Syihab
Mahfud MD: Tidak Ada Bukti Pemerintah Indonesia Mencekal Habib Rizieq