Bertemu Jokowi, Khofifah Bahas Raperpres Gerbang Kertasusila dan Suramadu

PERISTIWA | 18 Juni 2019 16:48 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan tertutup dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Istana Merdeka, Jakarta. Khofifah menjelaskan, pertemuan tersebut membahas Rancangan Peraturan Presiden Kawasan Strategis Nasional (Raperpres).

Kepada Jokowi, Khofifah melaporkan dua Raperpres. Pertama Raperpres tentang Gerbang Kertasusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan). Kedua Raperpres Suramadu.

"Ini kan sudah beberapa kali saya melaporkan dan ini sudah semakin detail. Menurut saya sudah saatnya menyampaikan kembali karena Raperpres sudah disampaikan oleh Menko Perekonomian," ucap Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (18/6).

Mantan Menteri Sosial ini menyebut draft Raperpres Gerbang Kertasusila dan Suramadu sudah dibahas di tingkat Kemenko Perekonomian. Raperpres Gerbang Kertasusila fokus pada pembangunan infrastruktur dan pengembangan transportasi publik.

"Ini kami butuh koneksivitas terutama dari public transportation. Kalau di Jakarta sudah ada 3 ring, sekarang mau bangun 4 ring ada MRT. Kebetulan di Gerbang Kertasusila termasuk Surabaya belum ada ring-nya," ujar dia.

Sementara Raperpres Suramadu lebih pada pengembangan kawasan industri di sekitar wilayah Surabaya dan Madura. Khofifah ingin ke depan muncul kawasan-kawasan industri baru di dua lokasi tersebut.

"Kami harap ada industrialisasi yang bisa berkembang di Madura. Ada pemetaan 4 jenis industri yang kami ingin komunikasikan lebih detil dan kemarin pun juga sudah dirapatkan kembali di Menko perekonomian," kata dia.

Baca juga:
Jalan Ditutup Karena Sidang MK, Khofifah Terpaksa Jalan Kaki Temui Jokowi di Istana
The Next Walikota Surabaya: 'Anak Emas' Risma Sampai Orang Dekat Khofifah
Ini Kata Khofifah soal Bupati Bojonegoro dan Suami ke Inggris Pakai APBD Rp954 Juta
Khofifah Ancam Sanksi Tegas Sekolah yang Terbukti Tarik Pungli Siswa Baru
Gaet Investor di Jatim, Gubernur Khofifah Lebur DPM dan PTSP Jadi Satu Dinas
Khofifah Sebut Ibu Ani Yudhoyono Punya Peran Besar dalam Pilgub Jatim

(mdk/eko)