Bertemu Jokowi, pimpinan DPR akan sampaikan ancaman mundur ketua KPK

Bertemu Jokowi, pimpinan DPR akan sampaikan ancaman mundur ketua KPK
PERISTIWA | 22 Februari 2016 10:28 Reporter : Muhammad Sholeh

Merdeka.com - Pimpinan DPR akan menggelar rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Senin (22/2) siang nanti. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan, kepada Jokowi, pimpinan DPR akan menyampaikan soal sikap pimpinan KPK yang mengancam mundur dari jabatannya bila revisi UU KPK tetap dilanjutkan pembahasannya.

"Inilah juga yang harus kita sampaikan kepada pemerintah," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/2).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini menambahkan, pemerintah harus mempertimbangkan segala aspek bila tetap ngotot untuk membahas revisi UU KPK. Apalagi penolakan datang bertubi-tubi, tak terkecuali dari KPK sendiri.

"Karena, hal-hal sedemikian rupa kan menjadi input daripada pemerintah untuk memutuskan apakah hal-hal ini harus dilakukan atau tidak dilakukan," jelas Agus.

"Ini kita kembalikan kepada pemerintah dengan segala pertimbangan, termasuk juga pertimbangan kami dari konstituen-konstituen kami, dari rakyat Indonesia. Mayoritas tidak menghendaki adanya revisi UU KPK tersebut," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan siap mundur dari jabatannya apabila Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) direvisi. Dia dengan tegas menolak revisi itu karena menilai bakal melemahkan KPK.

"Kalau revisi berjalan, orang KPK harus mundur. Saya orang pertama yang menyatakan itu," kata Agus saat menghadiri diskusi bertajuk korupsi yang dihadiri sejumlah tokoh lintas agama di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Minggu (21/2). (mdk/bal)

Baca juga:

Pimpinan KPK temui Presiden Jokowi konsultasi revisi UU KPK

Ini kata Menko Luhut soal ketua KPK akan mundur jika UU direvisi

Bahas revisi UU KPK, pimpinan KPK bertemu DPR dan Jokowi di Istana

Ancaman mundur Agus Rahardjo bukti keseriusan KPK tolak revisi UU

Fadli Zon sebut masalah serius jika UU direvisi Ketua KPK mundur

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami