Bertemu PM Malaysia, Jokowi Minta Penyelesaian MoU Perlindungan Pekerja Migran

Bertemu PM Malaysia, Jokowi Minta Penyelesaian MoU Perlindungan Pekerja Migran
PM Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin Tiba di Istana Kepresidenan. ©Istimewa
NEWS | 5 Februari 2021 12:46 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan terus memperkuat hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia. Jokowi pun menitipkan Warga Negara Indonesia (WNI) terkait perlindungan pekerja migran Indonesia kepada Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin.

"Saya kembali menitipkan WNI di Malaysia kepada pemerintah Malaysia dan terkait perlindungan pekerja migran Indonesia," kata Jokowi usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (5/2).

Jokowi juga mengapresiasi atas kerja sama perlindungan WNI di Malaysia. Terutama selama pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, Jokowi juga menekankan untuk melakukan penyelesaian pembuatan perjanjian mengenai penempatan dan perlindungan WNI di Malaysia.

"Saya menekankan pentingnya penyelesaian pembuatan MoU baru mengenai penempatan dan perlindungan pekerja domestik Indonesia di Malaysia," ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta agar kedua negara membangun sistem satu arah. Sehingga permasalahan penempatan tenaga kerja dapat dilakukan secara lebih baik.

"Selain itu dua negara juga perlu membangun One Channel system agar masalah penempatan tenaga kerja dapat dilakukan secara lebih baik untuk mencegah terjadinya para pekerja menjadi korban perdagangan manusia," kata Jokowi. (mdk/bal)

Baca juga:
Usai Pertemuan Bilateral, Jokowi dan PM Malaysia Salat Jumat di Masjid Istana
Rendang akan Jadi Menu Santap Siang Jokowi dan PM Malaysia di Istana
Tiba di Istana Kepresidenan RI, PM Malaysia Disambut Kesenian Tradisional
Andi Arief: Moeldoko Sudah Ditegur Pak Jokowi
Hari Ini, Jokowi akan Bertemu PM Malaysia Bahas Soal Perlindungan WNI
Bertemu 5 Gubernur, Jokowi Ingin PPKM Diterapkan Sampai Tingkat RT/RW

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami