Bertemu Sultan HB X, Menkominfo Siapkan Digitalisasi Aksara Jawa

Bertemu Sultan HB X, Menkominfo Siapkan Digitalisasi Aksara Jawa
PERISTIWA | 16 Oktober 2020 20:44 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Menkominfo Johnny G Plate bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Pertemuan ini digelar di Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Jumat (16/10). Dalam pertemuan ini keduanya membahas sejumlah permasalahan. Salah satunya mengenai digitalisasi aksara Jawa.

Johnny menuturkan bahwa digitalisasi aksara Jawa ini sedang dalam proses persiapan. Nantinya digitalisasi aksara Jawa salah satunya akan berkaitan dengan prasasti-prasasti peninggalan leluhur.

"Digitalisasi aksara Jawa ini begitu pentingnya agar semua yang ada di prasasti-prasasti peninggalan budaya tinggi yang kita miliki dan peninggalan luhur kita bisa juga dipahami dan dimengerti generasi masa kini dan generasi masa depan kita," ujar Johnny.

Johnny menerangkan selain aksara Jawa, nantinya sejumlah aksara lain di Indonesia akan didigitalisasi pula. Dia menuturkan dalam pembicaraannya dengan Sultan HB X juga membahas perencanaan dan menyiapkan SDM untuk mendukung digitalisasi.

"Saya mengucapkan terima kasih karena Sultan memberikan dukungan yang tinggi. Bahkan mengajak memanfaatkan beberapa fasilitas yang dimiliki pemerintah daerah untuk membantu kelancaran mempersiapkan digital talent Indonesia khususnya di Yogyakarta," ungkap Johnny. (mdk/ray)

Baca juga:
Dulu Jadi Pos Seleksi Tamu Luar Kota, Ini Sejarah Masjid Jagabayan Cirebon yang Unik
Menengok Patok Kayu di Jatibarang, Tapak Tilas Soekarno di Indramayu yang Tak Terurus
Berusia Lebih dari 2 Abad, Bangunan Tua Ini Menyimpan Sejarah Gunung Kidul
Mengenal Jalan Cadas Pangeran, Saksi Bisu Perlawanan Sumedang Terhadap 'Mas Galak'
Cikal Bakal Kota Medan, Ini 4 Fakta Menarik di Balik Museum Situs Kota China di Sumut

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami