Bertemu Warga di Wamena, Wiranto Ajak Bangun Kembali Persaudaraan

PERISTIWA | 8 Oktober 2019 14:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, meninjau kondisi terkini di Wamena, Papua, Selasa (8/10).

Rombongan Menko Polhukam yang tiba di Bandara Wamena, Pupua, sekitar pukul 14.11 WIT itu sempat berdialog dengan masyarakat setempat. Rencananya, Menko Polhukam dan rombongan akan meninjau sekolah, melihat kondisi pengungsi dan berdialog dengan jajaran pemkab setempat.

Menko Polhukam Wiranto mengajak semua warga Wamena untuk merajut kembali kebersamaan dan persaudaraan serta kerukunan.

"Sebagai hamba Tuhan, kita kubur kebencian itu. Kita bangun kembali persaudaraan itu. Kita kumpul di sini untuk mengajak, mari kita merajut kebersamaan, persaudaraan kita, membangun kerukunan," kata Wiranto di hadapan warga yang mengungsi di halaman Kodim 1702/Jayawijaya di Wamena seperti dilansir Antara.

Wiranto juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo agar masyarakat tidak eksodus keluar Wamena. Begitu juga bagi yang sudah meninggalkan Wamena, diharapkan bisa kembali ke kota di pegunungan tengah Papua itu.

Mantan Panglima ABRI ini mengajak memulihkan kembali bangunan kerukunan, sementara pemerintah akan memulihkan bangunan fisik. "Tentunya juga dengan dukungan Pemda," katanya.

Di saat yang sama, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita juga menyerahkan bantuan untuk korban kerusuhan di Wamena dan pengungsi di Jayapura senilai Rp4,7 miliar secara simbolis yang diterima oleh Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua.

Baca juga:
Menteri PUPR: Pembangunan di Wamena Dibantu TNI Agar Aman dan Cepat
Bupati Jayawijaya: Aliran Listrik di Wamena Sudah Pulih 100 Persen
Pemerintah Targetkan Pembersihan Bangunan Pasca-Kerusuhan Wamena 2 Minggu
Penantian Kokom Berharap Suami Segera Pulang dari Papua
Tiba di Banten, Puluhan Pengungsi dari Jayapura Dijanjikan Bantuan Kebutuhan Harian
Keguguran di Pengungsian Wamena, Ibu Asal Jateng Dipulangkan Pakai Kapal Laut

(mdk/noe)