Berusaha Kabur usai Bunuh Istri, Jabaruddin Akhirnya Dibekuk Polisi

Berusaha Kabur usai Bunuh Istri, Jabaruddin Akhirnya Dibekuk Polisi
PERISTIWA | 17 November 2020 15:41 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Jabaruddin (34), pelaku pembunuhan kepada istrinya sendiri, Suharni (49), akhirnya dibekuk polisi, Senin (16/11). Jabaruddin dibekuk tim gabungan Polda Kaltim, Polresta Samarinda, serta Polsek Samarinda Kota, di jalan poros Kutai Kartanegara menuju ke Kutai Barat, saat berusaha kabur menuju perbatasan Kalimantan Tengah.

"Kita bawa ke Polsek Samarinda Kota, dan dia mengakui perbuatannya (membunuh istrinya)," kata Kasat Reskrim Polresta Samarinda Kompol Yuliansyah di Mapolresta Samarinda, Selasa (17/11).

Yuliansyah menerangkan, kedua pasangan suami istri itu memang sering cekcok soal uang. Bahkan juga pernah dimediasi di Mapolsek Samarinda Kota. Puncaknya terjadi Sabtu (14/11) sekira pukul 21.30 WITA.

"Menurut pelaku, korban mengeluarkan kata-kata kasar, dan menuduh pelaku ada wanita lain. Pelaku emosi. Begitu istrinya tidur, pelaku langsung mencekik istrinya," ujar Yuliansyah.

"Setelah memastikan istrinya meninggal, pelaku lantas meninggalkan istrinya di kos, dan pergi ke rumah ibunya. Pelaku mengaku telah membunuh istrinya. Ibunya lapor ke Polsek, pelaku kabur," tambah Yuliansyah.

Pelaku sempat berkomunikasi akan menyerahkan diri. "Kami tunggu tidak datang-datang. Karena kami curiga mau kabur jauh, tim gabungan mengejar dan mendapatkan pelaku di jalan menuju Kutai Barat," sebut Yuliansyah.

Dari hasil autopsi jenazah korban, lanjut Yuliansyah, bersesuaian dengan keterangan pelaku. Motifnya, sakit hati dan emosi pelaku terhadap korban. "Dari penelusuran kami, pelaku ini pernah terlibat KDRT dengan istri pertamanya di Palu," ungkap Yuliansyah.

"Hasil autopsi sinkron, bahwa korban dibunuh dengan cara dicekik. Pelaku kami tetapkan tersangka dengan pasal 338 dan atau junto pasal 351 KUHP, yang mengakibatkan korban meninggal dunia," demikian Yuliansyah. (mdk/cob)

Baca juga:
Rekonstruksi Pembunuhan Wartawan Demas Laira, Pelaku Tusuk Korban di Adegan Ke-31
Jasadnya Dibawa Pakai Bentor, Ini 3 Fakta Pembunuhan oleh Sepasang Kekasih di Sumut
Kejahatan Rasial Melonjak ke Tingkat Tertinggi di AS dalam Satu Dekade Terakhir
Bela Masalah Adik, Kakak Tewas Ditikam Badik
Wanita Pelajar Ditemukan Tewas di Hotel Semarang, Diduga Dibunuh Teman Kencannya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami