Berusia 89 Tahun, Organisasi Perempuan Keraton Surakarta ini Ingin Lestarikan Budaya

Berusia 89 Tahun, Organisasi Perempuan Keraton Surakarta ini Ingin Lestarikan Budaya
PERISTIWA | 6 Juni 2020 14:00 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mempunyai organisasi perempuan yang lahir sejak masa kejayaan dibawa raja Paku Buwono ☓. Bernama 'Putri Narpo Wandowo', organisasi yang lahir 5 Juni 1931 itu berkomitmen untuk melestarikan budaya Mataram, terutama yang bersumber dari ke Surakarta.

Di usianya yang ke 89 tahun 'Putri Narpo Wandowo', menjadi salah satu organisasi perempuan tertua di tanah air. Kendati telah berganti zaman dan generasi, di era milenial ini, organisasi tersebut tetap eksis dan berkomitmen untuk mempertahankan kebudayaan Keraton Kasunanan Surakarta.

Humas 'Putri Narpo Wandowo', GKR. Wandansari Koes Moertiyah mengatakan, sesuai perintah Paku Buwono X, organisasi tersebut bergerak di bidang budaya. Terlebih dilahirkan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Namun demikian tidak menutup kemungkinan organisasi tersebut juga aktif di bidang sosial.

"Harapan saya, semoga generasi muda dari trah Mataram, Surakarta, ayo bergabung di organisasi ini. Yang tujuannya adalah menjaga dan mengembangkan budaya Jawa yang sumbernya dari Keraton Surakarta," ucapnya.

Wanita yang akrab disapa Gusti Moeng itu berharap organisasi Putri Narpo Wandowo tetap bisa hidup dan ikut dalam kancah berbangsa dan bernegara untuk ikut mensejahterakan rakyat.

Organisasi Putri Narpo Wandowo saat ini dipimpin oleh GKR. Koes Handariyah Sekar Kencana dan diikuti oleh para kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan cucu hingga cicit Paku Buwono X. (mdk/ded)

Baca juga:
Mengenal Mossak, Bela Diri Asal Batak Toba yang Perlu Dilestarikan
Serunya 'Pecah Piring', Permainan Tradisional Masa Kecil dari Medan
7 Unsur Kebudayaan Universal dalam Masyarakat, Pahami Penjelasannya
Mengenal Ndikkar, Seni Beladiri Silat Asli Tanah Karo Sumatera Utara
Berkunjung ke Bawomataluo, Desa Adat yang Terkenal di Nias
Mengenal Tari Toping Toping, Tarian Penghiburan Saat Duka Cita Asal Sumut

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5