Besok, 192 Capim KPK Ikut Uji Kompetensi

Besok, 192 Capim KPK Ikut Uji Kompetensi
Gedung KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko
PERISTIWA | 17 Juli 2019 21:05 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengikuti uji kompetensi, Kamis 18 Juli 2019, besok. Para kandidat capim tersebut sebelumnya telah lolos seleksi administrasi.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) capim KPK, Yenti Ganarsih, mengatakan uji kompetensi akan dilaksanakan di Pusdiklat Setneg, Jalan Gaharu I Cilandak Jakarta Selatan. Sebelum menghadapi uji kompetensi, para kandidat terlebih dahulu harus melakukan proses registrasi pukul 07.00 WIB.

"Besok ada test tahap 2 uji kompetensi Capim KPK. Test dilakukan mulai jam 08.00 sampai dengan 13.00 WIB," kata Yenti saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (17/7).

Yenti menjelaskan, uji kompetensi ini objective test dan penulisan makalah. Para kandidat capim KPK akan diminta menuliskan makalah dalam waktu 180 menit dengan tema yang ditentukan oleh panitia.

"Peserta akan membuat makalah di tempat," ucap Yenti.

Pansel kemudian akan mengumumkan hasil uji kompetensi pada 25 Juli 2019. Capim KPK yang lolos uji kompetensi akan mengikuti tes psikotes dan profile assessment.

Sebelumnya, Yenti mengatakan dari 192 orang lulus seleksi administrasi, 180 di antaranya adalah laki-laki. Sementara itu, 12 orang lainnya perempuan.

"Komposisi laki-laki 349 orang, lulus 180 orang. Perempuan 27 orang, lulus 12 orang," jelas Yenti di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Dari 192 pendaftar yang lolos itu, terdapat nama 3 komisioner KPK, yakni Alexander Marwata, Laode M Syarif, dan Basaria Panjaitan.

Selain tiga nama petahana itu, masih ada 10 orang dari KPK yang juga lolos seleksi administrasi. Di antaranya Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, dan Direktur Pembinaan Jaringan dan Kerja Sama Antar-Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK Sujanarko.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Jadi Waka BSSN, Irjen Dharma Pongrekun Serahkan ke Tuhan Soal Capim KPK
Staf Ahli Kapolri Sambut Positif Dibukanya Posko Pengaduan Rekam Jejak Capim KPK
Agus Rahardjo Dukung Tiga Pimpinan Ikut Seleksi Capim KPK
DPR Minta Pansel Segera Setor Nama Capim KPK
Sederet Catatan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pansel KPK
ICW Minta Pansel Tak Loloskan Capim KPK yang Tak Patuh Lapor LHKPN
Mengenal Profil Jenderal Polisi yang Lolos Seleksi Awal Capim KPK

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami