Besok, Jokowi umumkan paket kebijakan ekonomi

PERISTIWA | 8 September 2015 18:31 Reporter : Muhammad Sholeh

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi pada Rabu (9/9) besok. Hal ini sebagai tindak lanjut setelah Jokowi memberikan tugas kepada menteri-menteri untuk mengantisipasi lesunya pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Tanah Air.

"Iya, kalau enggak siang, sore lah," kata Jokowi setelah bagi-bagi sembako di Klender, Jakarta Timur, Selasa (8/9).

Menurut Jokowi, paket kebijakan ekonomi akan diumumkan secara bertahap karena banyak sekali. "Ya karena ini banyak sekali. Tadi saya udah baca, banyak sekali. Jadi kita umumkannya bertahap," jelasnya.

Mengenai fokus paket kebijakan ekonomi itu, Jokowi menegaskan, peraturan-peraturan yang menghambat akan diregulasi. Baik itu yang untuk kepentingan rakyat dan regulasi untuk pengusaha.

"Ya deregulasi kan ada dua, ada yang untuk rakyat, ada yang untuk pengusaha," terangnya.

Jokowi mengatakan beda paket kebijakan ekonomi dengan waktu sebelumnya, ada pada sembako. "Kalau paket yang ini ada sembakonya," tutupnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo memberikan pekerjaan rumah bagi menteri-menteri bidang ekonomi. Jokowi menghendaki para menterinya membuat kebijakan besar untuk merespon perlambatan ekonomi.

(mdk/eko)