Bikin karya ilmiah atasi kemiskinan, mahasiswa UI juara
PERISTIWA | 22 Juli 2012 07:17 Reporter : Arbi Sumandoyo

Merdeka.com - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Iman Usman patut diberi predikat mahasiswa berprestasi nasional. Di tengah makin tingginya angka kemiskinan di Jakarta, dia mampu membuat suatu terobosan dalam karya ilmiahnya berisi tentang peran siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam pengentasan masalah kemiskinan di DKI Jakarta.

"Muhammad Iman Usman berhasil meraih predikat Mapres Nasional dalam acara Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi serta Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional," kata Siane Indriani, Kepala Kantor Komunikasi UI dalam keterangan pers yang diterima merdeka.com.

Siane menjelaskan, Muhammad Iman Usman tercatat sebagai mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Indonesia pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI. Dia terpilih sebagai mahasiswa berprestasi (Mapres) nasional dalam acara Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi serta Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Dirjen Dikti Kemendikbud), di Hotel Inna Garuda Yogyakarta pada Sabtu pekan lalu (14/7).

Dia menjadi juara setelah menyisihkan 16 finalis dari lebih kurang 90 kandidat mahasiwa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia. Dalam presentasinya di depan para juri Iman sapaan akrabnya memaparkan gagasan mengenai upaya peningkatan partisipasi siswa SMA dalam pengentasan kemiskinan di DKI Jakarta.

"Pada sesi presentasi karya ilmiah, Imam memaparkan gagasan mengenai upaya peningkatan partisipasi siswa SMA dalam pengentasan masalah kemiskinan di DKI Jakarta," jelas dia.

Atas prestasinya tersebut, Muhammad Iman Usman dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi nasional serta mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta serta piagam dan plakat Dirjen Dikti Kemendikbud karena prestasinya tersebut.

(mdk/has)