Bima Arya Audit Kesiapan Mal Terapkan Protokol Kesehatan Jelang Dibuka

Bima Arya Audit Kesiapan Mal Terapkan Protokol Kesehatan Jelang Dibuka
PERISTIWA | 17 Juni 2020 19:55 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Wali Kota Bogor Bima Arya saat ini pihaknya sedang memeriksa kesiapan pelaksanaan protokol kesehatan di pusat-pusat perbelanjaan. Ini menyusul rencana akan kembali dibukanya sejumlah mal di Kota Bogor.

"Minggu ini ada 3 kira-kira mal yang akan dibuka di Bogor setelah protokol kesehatannya kita audit," kata dia, dalam perbincangan di segmen ‘Ruang Merdeka’, Selasa (16/6).

Menurut dia, ada sejumlah hal yang mesti dilakukan oleh pihak pengelola mal jika mau mengantongi izin kembali beroperasi. Dengan demikian mall tidak malah menjadi tempat penyebaran Covid-19.

"Membatasi kapasitas pengunjung. Menyediakan hand sanitizer dan thermoscan di pintu masuk," terang Bima.

Pengelola juga harus membuat alur pengunjung agar pengunjung tidak berpapasan. Jarak antara pengunjung dan penjual juga harus diatur. Gerai-gerai yang ada di dalam mal juga harus memasang counter shield dibuat pakai mika.

"Ada tempat isolasinya. Jadi semua kita buat sistemnya. tempat duduknya juga dibuat berjarak. Jadi kalau meja kapasitas 4 hanya boleh 2. Kalau kapasitasnya 6 hanya boleh 3," ungkap dia.

Menurut Bima, di mal ada lokasi kegiatan yang masuk dalam lokasi dengan risiko rendah terjadinya penyebaran Covid-19 dan lokasi dengan risiko tinggi penyebaran Covid-19. Lokasi dengan risiko penyebaran rendah-lah yang diizinkan untuk dibuka.

Baca Selanjutnya: "Yang low risk boleh buka...

Halaman

(mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami