Bima Arya Klaim Naturalisasi Ciliwung Sukses Kurangi Banjir di Bogor

PERISTIWA | 24 Januari 2020 18:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wali Kota Bogor Bima Arya mengklaim naturalisasi sungai di wilayahnya berjalan baik. Terbukti, banjir di daerah Kota Bogor tidak begitu parah saat malam tahun baru lalu.

"Tahun ini, alhamdulillah banjirnya tidak terlalu parah seperti tahun kemarin. Makanya kemarin saya tidak diundang ke istana karena mungkin itu, dibanding kemarin itu agak berkurang, mungkin karena program naturalisasi kali Ciliwung," kata Bima di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (24/1).

Saat disinggung, program naturalisasi DKI Jakarta belum berjalan, dirinya enggan turut campur. Dia percaya Gubernur DKI Anies Baswedan sudah bekerja dengan baik.

"Saya tidak mau komentar dapur orang. Itu udah kebijakan Pak Anies (Anies Baswedan, Gubernur DKI), kami akan fokus saja bagaimana membuat Ciliwung ini volume air di Jakartanya berkurang. Jadi ada gerakan untuk membersihkan sampah, ada gerakan untuk membangun rasa peresapan penanaman dan lain-lain," ungkap Bima.

1 dari 1 halaman

Menurut dia, apa yang dilakukan di Bogor ini menentukan juga yang dialami Jakarta.

"Yang disampaikan Pak Gubernur Jakarta itu betul, bahwa di hulu itu menentukan, karena kalau kita meresap air makin banyak di hulu di kabupaten maupun di kota maka air akan semakin berkurang di Jakarta. Itu logikanya," jelas Bima.

Meski demikian, dia meminta agar DKI juga ikut membantunya.

"Karena itu bantu kami untuk agar air itu tidak mengalir semua ke Jakarta. Bogor sudah menyepakati ada usulan untuk membangun kolam retensi yang dibantu oleh Pemprov DKI Jakarta. Jadi tinggal eksekusi saja. Selain APBD kami kan kita juga alokasikan untuk kolam retensi, sumur resapan dan lain-lain," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
Bima Arya Yakin Selesaikan Masalah Pembangunan GKI Yasmin
Ketemu Mahfud, Bima Arya Ingin Presiden Jokowi Nyaman Tinggal di Bogor
Bima Arya akan Bangun Kampung Tematik Arab dan Sunda di Bogor
Bima Arya Sebut Bentrok Dua Ormas Akibat Pengaruhi Minuman Keras
Bima Arya Larang Hotel dan Kafe di Bogor Pesta Kembang Api di Tahun Baru

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.