BJ Habibie dan Kisah Lahan Kosong di Samping Makam Ainun

PERISTIWA | 11 September 2019 19:46 Reporter : Tim Merdeka

Merdeka.com - Siapa yang tak tahu kisah cinta Presiden Ketiga RI, BJ Habibie dan sang istri, Hasri Ainun Habibie. Kehangatan pasangan suami istri ini banyak menginspirasi orang bahkan sampai dimuat dalam film berjudul Habibie dan Ainun.

Saat Ainun meninggal dunia pada 2010 lalu, Habibie begitu terpukul. Air mata berlinang di wajahnya.

Sembilan tahun Ainun tiada, Habibie masih selalu mengenang sosok wanita bersahaja itu. Setiap malam, Habibie selalu membaca Yasin sebagai doa yang dia kirimkan untuk kekasih hatinya itu.

"Saya berdoa. Saya baca Yasin tiap malam untuk dua orang. Untuk Ibu Ainun dan ibu yang melahirkan saya," kata Habibie.

Ainun dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Meski mereka sudah terpisah, semasa hidupnya Habibie sering berziarah ke sana.

Di samping makam Ainun, terdapat sebuah lahan kosong. Disebut-sebut lahan itu memang dipesan khusus. Belakangan diketahui, lahan kosong itu ada karena Habibie selalu ingin dekat dengan istrinya.

"Pak Habibie ingin dekat dengan makam istrinya," tutur Lani, pengurus lahan TMP Kalibata ketika berbincang dengan Dream.co.id di lokasi pada 4 Juni 2015 lalu.

Lani merupakan salah satu PNS yang bertugas mengurusi lahan pemakaman khusus milik negara itu, Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Wakil Kepala Bagian Kantor TMP Kalibata ini menuturkan, lahan kosong tersebut dipesan sendiri oleh Habibie. Memang, sebagai mantan presiden, Habibie memiliki hak untuk menentukan sendiri di mana dia akan dimakamkan. Dan lahan kosong tersebut sengaja dipilihnya, sebagai perwujudan cinta sejatinya kepada wanita pujaannya.

Malam ini, pria murah senyum itu kembali ke pangkuan Illahi setelah kesehatannya terus menurun sejak awal September lalu. Jasad Habibie akan disemayamkan di rumah duka di Patra Kuningan.

Baca juga:
BJ Habibie, Sang Pembuka Gerbang Kebebasan Pers di Indonesia
Hijab Ainun di Bawah Bantal, Lambang Kesetiaan Habibie Kepada Sang Istri
Mendag Enggar Cerita soal Kenangan Manis dengan BJ Habibie
Mendagri: BJ Habibie Sosok Teknokrat Kelas Dunia
Ibas: Saya Yakin Almarhum BJ Habibie akan Bertemu Almarhumah Ibu Ainun
VIDEO: BJ Habibie Meninggal, Menko Luhut Kenang Sosoknya yang Jujur
Sosok BJ Habibie di Mata Menko Luhut Panjaitan

(mdk/lia)