BJ Habibie Wafat, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Istana Kepresidenan

PERISTIWA | 12 September 2019 11:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan duka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Pemerintah pun menetapkan masa berkabung nasional selama tiga hari, sejak Rabu 11 September 2019.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Hal ini untuk memberikan penghormatan atas wafatnya BJ Habibie.

Berdasarkan pantauan, bendera setengah tiang tampak dikibarkan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Selain Istana, sejumlah gedung perkantoran, kementerian, lembaga negara juga mengibarkan bendera setengah tiang.

Kantor pemerintahan yang memasang bendera setengah tiang antara lain, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Dalam Negeri, hingga Mahkamah Agung.

Sebagai informasi, BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu 11 September 2019. Rencananya, Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan pukul 13.30 WIB.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan menjadi Irup upacara pemakaman BJ Habibie. Almarhum Habibie akan dikebumikan di samping makam belahan jiwanya, Ainun Habibie.

Saat ini, liang lahat tempat Habibie dikebumikan telah disiapkan. Para warga telah mulai berdatangan untuk memberi penghormatan terakhir kepada Habibie.

Reporter: Lisza Egeham

Baca juga:
'Selamat jalan Bapak Habibie, Rakyat Aceh Sangat Berduka'
VIDEO: Susi Pudjiastuti Kenang Pertemuan Terakhir dengan BJ Habibie
Warga Mulai Berdatangan ke Pemakaman BJ Habibie
Menag Lukman Hakim Akan Pimpin Doa Pemakaman BJ Habibie
Bagaimana BJ Habibie Buat Rupiah Menguat dari Rp 15.000 jadi Rp 7.000 Usai Krisis 98?
JK: Habibie Habiskan Waktu Bangun Bangsa dengan Teknologi dan Demokrasi
Mulai Steril, Area Sekitar Makam BJ Habibie Dipasangi Garis Polisi

(mdk/rhm)